Saturday, May 26, 2007

PERTUKARAN GAGASAN DARI ASIAN YOUTH FORUM 2006

Pemuda Asia mencoba merumuskan perannya dalam menjawab tantangan Milenium Development Goals di Batam Kepulauan Riau. Sejumlah 118 peserta dari 20 negara termasuk wakil dari Kenya dan Nigeria bertemu untuk bertukar gagasan dan pengalaman dalam Asian Youth Forum 2006 yang diselenggarakan di Hotel Panorama Regency Batam tanggal 11 s.d. 13 Oktober 2006. Acara ini merupakan agenda tahunan Asian Youth Council www.asiayouth.org yang menunjuk KNPI sebagai penyelenggara. Forum ini mengambil tema berupa pertanyaan reflektif: "Is the future within reach?", Apakah masa depan bisa kita raih?


Petrus M. Sitohang, Wakil Ketua KNPI Kepulauan Riau yang juga Ketua Komisariat Daerah Pemuda Katolik Kepulauan Riau saat berbicara dalam Asian Youth Forum 2006 selaku wakil dari delegasi Indonesiaaption


DPP KNPI yang menjadi tuan rumah kegiatan ini menunjuk Provinsi Kepulauan sebagai local organizer. Ini merupakan tantang berat bagi KNPI Kepulauan Riau yang dipimpin oleh Berto Izaak Doko karena baru terbentuk sudah mendapat tuga menjadi penyelenggaraan forum internasional. 

Namun dengan kerjasama tim yang baik, KNPI Provinsi Kepulauan Riau tidak menyianyiakan kepercayaan yang diberikan oleh DPP KNPI. KNPI Provinsi Kepulauan Riau mendapat dukungan yang sangat baik dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kota Batam. Gubernur Kepulauan Riau Ismeth Abdullah sendiri menunjukkan dukungannya dengan hadir dalam acara tersebut.

Keberhasilan penyelenggaraan ini juga tidak luput dari dukungan organisasi-organisasi kepudaan yang ada di provinsi Kepulauan Riau termasuk Pemuda Katolik yang dipimpin oleh Petrus M. Sitohang.

Pemuda Katolik Kepulauan Riau mengerahkan dukungan penuhnya untuk kesuksesan acara ini termasuk dengan menurunkan paduan suara yang memeriahkan acara pembukaan.

Dalam gambar (dari kiri ke kanan adalah) Nicolaus Uskono (Vice President AYC yang juga adalah mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik), Petrus M. Sitohang (Wakil Ketua KNPI Prov. Kepulauan Riau), Berto Izaak Doko (Ketua KNPI Prov. Kepri) dan beberapa anggota delegasi dari negara lainnya.














Bergambar bersama anggota paduan suara Pemuda Katolik Cabang Batam yang menyemarakkan acara pembukaan AYF 2006 di Hotel Panorama Regency Batam dipimpin oleh ketuanya Johannes Purba (ketiga dari kiri). Berturut-turut dari kiri ke kanan Gunawan Satari (Sekeratris KNPI Kepri), Jamaludin Sagala (pengurus KNPI Kepri) Petrus M. Sitohang (Wakil Ketua DPD KNPI Kepri), Johanes Purba (Ketua Pemuda Katolik Batam), Berto Izaak Doko (Ketua KNPI Kepri), Nur Syafriadi (Ketua DPRD Kepri), Hasanuddin (Ketua Umum DPP KNPI), Dt. Seri Mohd. Khir Toyo (Presiden AYC yang juga Menteri Besar Negara Bagian Selangor Malaysia), Ismet Abdullah (Gubernur Kepri), dan Nicolaus Uskono (Wakil Presiden AYC dari Indonesia).















Johnson Silalahi (Wakil Ketua Pemuda Katolik Batam) paling kiri, bergambar bersama Gubernur Kepulauan Riau Ismet Abdullah dan Wakil Gubernur M. Sani (berpakaian adat Melayu di belakang Johnson) dan beberapa peserta lainnya usai acara jamuan makan malam bersama peserta AYF2006 di hotel Permata Tanjungpinang ibukota Kepulauan Riau.

3 comments:

Muhammad Zulkifli said...

Bisa minta tolong krimkan motivasi anda dalam mengikuti Asian Youth Forum yang dipakai dulu sebagai syarat untuk menjadi peserta Asian Youth Forum 2006 untuk saya gunakan sebagai contoh karena saya juga ingin mendaftar Asian Youth Forum 2008.

Terima kasih sebalumnya.

Par Bintan said...

@ muhammad zulkifli

Terimakasih atas kunjungannya. Saya sebenarnya kurang faham maksud pertanyaan anda.

Keikutsertaan saya waktu AYF 2006 karena Batam menjadi tuan rumah dan KNPI pusat menunjuk KNPI Kepulauan Riau dimana saya sendiri salah satu Wakil Ketua menjadi wakil KNPI. KNPI adalah anggota penuh dengan hak suara dalam Asian Youth Council.

Keikutsertaan KNPI dalam AYF adalah atas undangan AYC. Kalau keikutsertaan perorangan atau organisasi lain di luar KNPI mereka memang diminta untuk membawa presentasi tentang proyek-proyek tentang kepemudaan yang telah anda atau organisasi anda lakukan.

Lhya Kirei said...

asslm,,,
saya mau tanya...
kapan yah pengumuman peserta yang lolos seleksi AYF 2008 di jepang???