Wednesday, June 13, 2007

DIDORONG PENGGUNAAN OPEN SOURCE

Sejalan dengan program Indonesia Go Open Source atau IGOS, Institut Teknologi Bandung menyatakan komitmennya mendorong penggunaan piranti lunak berbasis open source. Untuk itu, didirikanlah Pusat Pendayagunaan Open Source Software (OSS) di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang akan menjadi cikal bakal jejaring OSS antarperguruan tinggi.

Lembaga ini sejatinya bertujuan meningkatkan percepatan pendayagunaan dan pemanfaatan OSS di kalangan masyarakat luas pengguna piranti lunak.

Dengan demikian, keberadaannya pun dimaksudkan sebagai pusat pelayanan informasi, pengenalan, duplikasi, maupun benchmarking (perbandingan) tentang OSS yang beredar di masyarakat.

"Jadi, keberadaannya lebih bersifat pengabdian masyarakat. Bagaimanapun juga, perguruan tinggi-lah institusi yang jadi prioritas terkait upaya percepatan awarness pendayagunaan OSS ini. Itikad inilah yang kemudian akan ditindaklanjuti di dalam acara Asia OSS Symposium ke-8 nanti (13-15 Februari di Bandung dan Denpasar)," ujar Kepala OSS Center ITB Benhard Sitohang dalam jumpa pers, Kamis (8/2).

Benhard menambahkan, OSS Center ini selanjutnya akan dikembangkan di 13 perguruan tinggi di Indonesia.

Di ITB, pemanfaatan open source tumbuh seiring keluarnya Surat Keputusan Rektor ITB, 12 Januari 2007. Surat ini mengatur agar tiap-tiap unit di jajaran internal ITB memprioritaskan pemanfaatan OSS di sistem komputer. (jon)

(dikutif dari Harian Kompas edisi 9 Februari 2007)

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...