Thursday, June 14, 2007

KEINDAHAN ALAM DAN BUDAYA BATAK

Keindahan alam tanah batak tidak perlu diragukan lagi. Keindahan tanah leluhur inilah antara lain yang membuat orang Batak sangat bangga akan jati dirinya dan sangat percaya diri ke manapun dia pergi merantau. Telah banyak lagu-lagu batak dan puisi yang legendaris yang dihasilkan dari inspirasi keindahan tanah Batak khusunya Danau Toba, yang membuat orang Batak semakin bangga dan menjadi suku yang sangat percaya diri.

Suasana pasar yang dalam bahasa batak disebut onan di Pulau Samosir tepi danau Toba. Onan di daerah-daerah batak diadakan sekali seminggu dan biasanya dimulai dari pagi hingga sore hari. Pedagang di pasar onan biasanya berasal dari luar daerah yang berkeliling dari onan yang satu ke onan yang lain. Hal demikian dimungkinkan karena hari onan di daerah yang satu berbeda dari onan daerah lainnya. Seperti contoh, hari onan di Dolok Sanggul adalah hari Jumat, sedangkan di Bakkara adalah hari Rabu sementara di Muara hari Selasa dan di Palipi hari Sabtu.

Persiapan upacara adat mangalahat horbo (menyembelih kerbau) di depan sebuah rumah tradisional orang Batak


Orang batak sedang menari Tortor Batak

2 comments:

Anonymous said...

Horas...
Bagus banget bloknya, lae atau ito sich ???
Btw.. saya Daniel Manalu mengucapkan salam kenal dan berharap supaya segala embel-embel mengenai BATAK selalu BERTAMBAH DAN MENGHIASI DUNIA MAYA.

Par Bintan said...

@Daniel Manalu

Horas lae. Berarti lae hula-hula saya. Saya menantu marga Purba...

Terimakasih sudah mampir dan meninggalkan komentar...

Salam,

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...