Friday, July 27, 2007

PERKENALAN SI HORAS DAN SI SUKUMARAN


Di sebuah perusahaan di Bintan Resort yang mempekerjakan banyak expatriate dari berbagai negara. Bagian SDM membawa staff baru warganegara India yang bernama Sukumaran untuk diperkenalkan kepada semua karyawan lama. Tibalah di meja staff yang asli Batak bernama Horas Situmeang.

“Hi, Horas” si Batak mendahului mengulurkan tangannya ke orang India itu dengan senyum lebar. “Welcome to Indonesia” tambahnya.

"Thank you very much Horas" jawab si India dengan senyum lebar memperlihatkan gigi putihnya yang kontras dengan warna kulitnya yang hitam legam sambil mengulurkan tangannya menyalami si Batak. "Suku" katanya.

Si Horas merasa sedikit heran dengan pertanyaan si India, “Koq sampai nanya sukuku?” pikirnya. Walau sedikit heran dia membalas juga.

“Batak!” balas si Horas dengan suara mantap dan bangga. “And you?”

Merasa heran dengan pertanyaan tambahan si Horas yang tidak dimengertinya Sukumaran menoleh ke staff SDM yang mendampinginya. Staff SDM yang menyadari miskomunikasi yang tak perlu itu menarik si Horas ke sudut dan berkata:

“Horas, aku tahu kamu bangga sekali dengan suku Batakmu. Tapi please deh orang tadi cuma memperkenalkan namanya, Suku. Bukan menanya sukumu….” lalu meninggalkan si Horas yang menyengir dan garuk-garuk kepalanya.

No comments: