Sunday, June 15, 2008

PERTEMUAN SITOHANG DOHOT BORUNA DI "KAMPUNG CYBER"

Sebagaimana perkumpulan marga-marga Batak lainnya, Punguan Sitohang dohot Boruna (perkumpulan keturunan marga Sitohang) biasanya mengadakan pertemuan rutin bulanan di salah satu rumah anggotanya. Di luar pertemuan bulanan yang biasanya disertai arisan, perkumpulan ini juga bertemu pada saat salah seorang anggotanya mengadakan acara syukur dan gembira seperti: pernikahan anggota keluarga, memasuki rumah baru, baptis anak dan malua khususnya bagi yang beragama Kristen dan acara-acara kegembiraan lainnya. Punguan juga biasanya berkumpul jika salah seroang anggota ditimpa musibah seperti sakit atau meninggal. Setiap tahun, biasanya di awal tahun tahun, mereka mengadakan pesta tahunan yang disebut "Pesta Bona Taon".


Ini merupakan cara keturunan marga Sitohang untuk mempererat persaudaraan, saling tolong menolong dan melestarikan adat sebagai sesama keturunan Ompu Pangaribuan. Op. Pangaribuan, anak kedua dari Ompu Tuan Situmorang, adalah nama nenek moyang marga Sitohang. Adapun keturunan anak pertama Op. Tuan Situmorang yakni Panoparaja saat ini umumnya menggunakan marga Situmorang atau Siringo-ringo atau Rumapea. Persaudaraan keturunan marga-marga Situmorang, Siringo-ringo, Rumapea dan Sitohang diikat dalam padan ikrar nenek moyang keempat marga-marga tadi untuk menjadi satu saudara yang dikenal dengan nama Pomparan ni Sipitu Ama yang keturunannya tidak bisa saling menikahi satu dengan yang lain.

Disamping mengadakan pertemuan rutin maupun insidentil punguan marga Sitohang juga telah mendirikan tugu persatuan marga Sitohang di Bona Ture Urat Samosir. Di sadari oleh para tetua marga Sitohang bahwa bangunan tugu saya tidak cukup untuk membantu punguan ini tetap eksis di era millenium dan era cyber ini. Untuk itu pada musyawarah besar Punguan Sitohang dohot Boruna di Jakarta tahun 2006 yang lalu telah memutuskan untuk mendirikan sebuah tugu na mangolu (tugu yang hidup) dalam bentuk sebuah YAYASAN BONA TURE. Yayasan ini dimaksudkan untuk bergerak di bidang pembangunan SDM (pendidikan); kebudayaan dan pengembangan ekonomi. Yayasan yang dipercayakan untuk dipimpin dr. Ronald Sitohang, Sp.B. dari Medan saat ini telah mulai melaksanakan programnya berupa pemberian beasiswa kepada anak-anak marga Sitohang dan borunya yang berprestasi tetapi kurang mampu.

Dalam rangka melestarikan kekeluargaan dan adat tersebutlah beberapa anggota marga Sitohang dengan inisiatif dari Dr. Ir. Benhard Sitohang pada pertengahan bulan Mei yang lalu membuat mailing list. Mailing list semacam ini tentu saja tidak akan bisa menggantikan acara punguan yang tradisional yiatu berjumpa secara fisik di rumah salah satu anggota. Namun yang jelas mailing list ini telah memberi warna baru persaudaraan di antara sesama Sitohang. Karena komunikasi antar sesama keturunan Sitohang tidak lagi dibatasi oleh jarak. Di milis ini mereka bicara topik apa saja: mulai dari tarombo (silsilah); adat batak; sharing pengalaman, sharing renungan dan bacaan rohani; berbagi info lowongan, pendidikan informasi acara kegiatan Sitohang bahkan humor-humor yang tujuannya berbagi rasa dan lain-lain.

Semoga mailing list ini bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan punguan marga Sitohang dimanapun mereka berada. Saat ini anggota-anggota yang sudah terdaftar dalam list antara lain:

Ade Paulus Sitohang; Jakarta
Agustina Dien Sitohang; Jakarta
Ala Than Sitohang; Singapore
Albertus Tumpal Sitohang; Makassar; Tual, Kyoto
Alexandro Bandana Sitohang; Jakarta
Andriana Fransisca Sitohang; Geneve, Switzerland
Baktiar P.E. Sitohang; Jakarta
Bangun Sitohang; Jakarta
Benhard Darwin Sitohang; Bandung
Choky Sitohang; Jakarta
Deny Sitohang; Medan
Dixon Sitohang; Balikpapan
Ejiruthlein Sitohang; Batam
Febiola Sitohang
Hotmauli Sitohang; Batam
Irma Bernadette Simbolon Sitohang; Jakarta
Janto Sitohang; Jakarta
Johanes Sitohang; Tanjungpinang
Josephin Juniati Sitohang; Seychelles
Julianti Vera Nova Sitohang; Batam
Lenni Purba Sitohang; Tanjungpinang
Manatar Sitohang; Indiana, USA
Nimrod Sitohang; Batam
Nikson Sitohang; Batam
Perry Cornelius Parluhutan Sitohang; Jakarta
Petrus Marulak Sitohang; Tanjungpinang
Putri Sitohang
Raisa Sitohang; Jakarta
Richard S. Sitohang; Kalimantan Timur
Rommy Sitohang
Roy Enrico Sitohang
; Bandung
Sahat Sitohang; Jakarta
Solina M.E Sitohang; Batam
St. Hotma Sitohang; Jakarta
Vayireh Sitohang; Bogor
Yohanes Sitohang


Sang "Kepala Suku" Dr. Ir. Benhard Sitohang bersama isteri di atas ferry Parapat - Samosir.

Choky Sitohang, TV presenter top saat ini, "one of the most eligible bachelor in this country".


Denny Sitohang, wartawan, juri favorit untuk miss pageant contest di Medan. Yang tetap merasa dirinyalah sebenarnya lebih ganteng dari saudaranya Choky Sitohang.


Johanes (Jo) Sitohang, anak Binjai yang ahli listrik di Tanjungpinang. Bercita-cita cuma pingin jadi ahli listrik karena negara ini termasuk Tanjungpinang sedang krisis listrik.

Adrina Sitohang, staff Perwakilan Tetap Republik Indonesia di Jenewa Swiss, yang sedang gandrung wayang jawa "Kyai Gandrung"...


Manatar Sitohang, smart and young engineer dari ITB yang sedang menyelesaikan program MBA di Krannert Business School Purdue University Indiana USA dengan beasiswa dari Sampoerna Foundation.


Perry Cornelius Sitohang, pengantin baru, Associate Lawyer di Law Firm Lubis Santosa Maulana.

Julianti Sitohang, yang gigih mencari silsilahnya, berpose dengan suami Tarigan di Harbor Front Singapore.


Nimrod Sitohang, sekretaris Punguan Sitohang dohot Boruna se kota Batam sedang berpose di warehouse pershnya di Singapore.


Josephin Sitohang dan suaminya Komang Swesen di pantai Seychelles.


Vayireh Sitohang, aktivis mahasiswa nasionalis yang sedang berusaha terus meniupkan bara revolusi. Karena baginya pilihan hanya ada dua: revolusi atau mati.



Dien Sitohang, sekretaris di Law Firm Lubis Gani Surowijoyo Jakarta, berpose bersama temannya.

Solina Martha Sitohang dengan suaminya lae Simbolon. Berpose di rumah mereka di Batam saat perayaan HUT kedua pernikahan mereka.

Baktiar Sitohang (nomor 2 dari kiri) berpose bersama koleganya di warehouse persh tempatnya bekerja di Jakarta. Baktiar adalah anggota milis yang aktif membagi renungan dan essay mengenai motivasi.

Untuk yang ingin bergabung silahkan kirim emailmu (nama dan kota berdiam) ke:

pomparan@sitohang.org atau petrus.marulak@sitohang.org

2 comments:

donny richardo sitohang said...

salam kenal juga lah... amanguda :D..
daftar di mliss.. menyusul..:)
...
God Bless

Par Bintan said...

Terimakasih...

Bah, aku dengar dari uda Manatar kalian nomor 14. Aku nomor 15. Harusnya aku yang maruda...

Gabunglah di milis kita.

Horas,