Tuesday, June 24, 2008

RUMAH BACA BANTUAN HEIFER DI PALIPI


Wakil Bupati Samosir Ober Sagala Rabu (11/6) meresmikan sanggar bacaan di desa Palipi. Sanggar bacaan “Vita Dulcedo” binaan LSM Heifer Internasional itu untuk saat ini masih berada di balai desa.

Namun, secara spontan Ober mengatakan akan ditampung anggaran untuk membangun balai desa itu. Pemkab Samosir sangat mendukung sanggar bacaan Vita Dulcedo ini. "Kita berharap adanya sanggar ini semakin membantu masyarakat terlebih generasi muda dalam menambah wawasan. Demikian juga dengan tempat ini, akan kami upayakan anggaran membangun balai desa ini ditampung di APBD Kabupaten Samosir, " kata Ober.

Sebagai ungkapan kegembiraan masyarakat Palipi manortor bersama rombongan pemerintah Kabupaten Samosir dan pimpinan Heifer Internasional Indonesia di dalam Balai Desa Palipi yang dijadikan Sanggar Baca "Vita Dulcedo" di Palipi Samosir.


Ditempat terpisah wakil ketua DPRD Samosir Oloan Simbolon sangat mendukung upaya itu. Bahkan menurutnya, jika memang sudah ada berbagai buku di sanggar bacaan itu anggaran pembangunan balai desa Palipi sudah bisa di tampung di P-APBD.
Hal-hal seperti yang dilakukan Heifer inilah yang pantas didukung semua pihak. Selain mereka berbuat secara nyata mereka juga sudah berupaya membantu memperkaya rakyat Samosir melalui pemahaman dengan menjadi pembina di Vita Dulcedo. Bila perlu, di PAPBD Samosir 2008 anggaran untuk balai desa itu sudah ditampung, tambah Oloan yang pecinta buku itu.
Untuk sanggar bacaan itu, Heifer memberikan 70 judul buku yang berkaitan dengan pertanian, peternakan sampai bacaan untuk anak. Selain itu Heifer juga telah memberikan bantuan berupa ternak Babi dan Kambing di Palipi. Direktur Heifer Sumut, Henri Sitorus berharap sanggar bacaan yang digawangi Suster Reinelda Sinaga sebagai Direktur Program Vita Dulcedo itu sebagai langkah awal program pemberdayaan masyarakat.
Mudah-mudahan sanggar belajar ini bisa menjadi tempat belajar bahkan dari desa-desa yang lain. Masyarakat sekitar dapat memanfaatkan sanggar ini dalam usaha berternak dan bertani, kata Hendri. Hadir dalam pertemuan itu Kadis Pendidikan Nasional Samosir Jabiat Sagala, Kades Palipi Johannes Sitohang dan Plt. Asisten II Djatipan Simanullang. Di Palipi rombongan wakil Bupati dan Heifer disambut tortor Batak.
(dikutip dari Harian Sinar Indonesia Baru, 23 Juni 2008)



Wakil Bupati Samosir Ober Sagala sedang menggunting pita tanda diresmikannya sanggar Baca "Vita Dulcedo" di Palipi.



Henri Sitorus Country Director Heifer International Indonesia yang berpusat di Medan tampak sedang menandatangani berita acara peresmian Sanggar Baca "Vita Dulcedo" di Palipi.


Henri Sitorus Country Director Heifer International Indonesia (kanan) tampak sedang diulosi oleh pemuka masyarakat Palipi pada saat peresmian Sanggar Baca "Vita Dulcedo" di Palipi Samosir.

Kaum ibu masyarakat Palipi dengan ulos di bahu sedang bersiap-siap menyambut rombongan pemerintah Daerah Kabupaten Samosir beserta pimpinan LSM Heifer International Indonesia dalam rangka peresmian sanggar baca "Vita Dulcedo" di Palipi Samosir Rabu, 11 Juni 2008.
(Foto-foto: koleksi Heifer International Indonesia)

1 comment:

Anonymous said...

yeah! thats awsome!! i like it!


berto xxx

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...