Friday, October 3, 2008

Merayakan Idul Fitri Bersama Walikota Tanjungpinang

Rombongan Pemuda Katolik Kepulauan Riau dan Kota Tanjungpinang berpose bersama dengan Walikota Tanjungpinang Ibu Suryatati A. Manan di kediamannya pada kesempatan berkunjung untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 1 Oktober 2008. Dai kiri ke kanan: John, Petrus M. Sitohang (Ketua Pemuda Katolik Kepulauan Riau), Ibu Suryatati A. Manan (Walikota Tanjungpinang), Aloysius Dhango (Ketua Pemuda Katolik Cabang Tanjungpinang) dan Hendrik Uring.


Wako Buka Pintu Rumah Kediamannya Bagi Warga Tanjungpinang
Dikutip dari portal berita http://www.batamtoday.com/
Oleh : Redaksi

TANJUNGPINANG - Guna memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga masayarakat Tanjungpinang untuk datang bersilaturahmi dan menyampaikan salam Idul Fitri, Walikota Tanjungpinang Dra Hj. Surayatati A Manan membuka pintu rumah kediamannya di Jalan Raya Sebauk, Kampung Sungai Ladi, Singgarang, Tanjungpinang, sejak kemarin hingga hari ini, Kamis (2/10).

Dengan mengurangi nilai formal dan dengan kesan yang penuh kesederhanaan, Suryatati menerima dan menyalami warga masyarakat yang datang memberi salam lebaran pada acara open house di rumah kediamannya.Selain menyalami tamu di tenda yang terpasang di halaman rumahnya, Suryatati juga enggan masuk ke dalam ruangan dan memilih berbaur dan bercerita dengan warga masyarakat di bawah tenda sambil menikmati Masakan Lakse, masakan tradisional Melayu.Sikap walikota menerima warga, diperlakukan sama kepada seluruh yang hadir saat itu. Baik tamu dari unsur muspida, pengusaha, bahkan para tetangga walikota di Kampung Sungai Ladi yang umumnya adalah masyarakat petani kebun.
"Selamat datang dan terima kasih sudah meluangkan waktu datang walau jauh-jauh," kata Suryatati menyapa warga, yang menurutnya untuk menjangkau kediamannya harus menempuh perjalanan sejauh 23 km dari kota.Kendati tuan rumah tidak secara langsung menyambut tamu di depan pintu, namun pintu rumah terbuka secara lebar dan pintu-pintu alternatif lain terbuka bagi siapa saja yang melihat ruangan dalam rumah itu, khususnya di dalam ruangan tamu yang penuh dengan hiasan yang memikat dan mungkin mahal. Walikota kepada para tamu yang disapanya mengaku kagum dan senang bisa menyapa dan bersilahturahmi dengan masyarakat di hari raya Idul Fitri dan dalam suasana persaudaraan.

Selain susana menyenangkan, Wali Kota Suryatati mengaku open house digelar dengan susana sederhana dengan menghilangkan kesan formal sebagimana layaknya dan menampilkan kesan budaya bersilahturahmi di hari yang fitri."Kesan budaya adalah dengan bersalaman, bercerita dan makan bersama-sama dalam susana persudaraan," ujarnya.

Pantauan Batamtoday, dari sekian banyak pengunjung yang terkesan para warga petani yang ada di sekitar Kampung Sungai Ladi menampilkan susana canda dan tawa dengan duduk bersila di rumput di bawah tenda. Selain makan bersama, acara open house juga diiringi organ tunggal dan memberi kesempatan bebas kepada para tamu pejabat dan masyarakat untuk melantunkan lagu-laku melayu dan lagu-lagu lainnya.

Petrus Sitohang, Aloysius S Dahango, S.fil dan Crew selaku tamu pribadi dan ormas dari Pemuda Katolik Provinsi Kepri dan Tanjungpinang yang menyalami Walikota Suryatati mengaku kagum dengan kesederhanaan dan penyambutan walikota."Walikota cukup ditermia semua kalangan dengan ciri khas kerama tamahan dan kebersamaan dalam melayani. Suasana ini baru pertama kali dan benar-benar tidak ada kesan formal jarak antara walikota dengan masyarakat," ujar Sitohang menggambarkan suasana acara open house Walikota Suryatati itu.

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...