Thursday, December 12, 2013

BARFI, BAGAIMANA SEBUAH FILM MEMBUAT INDIA LEBIH BAIK



Saya sudah lama tidak menjadi penonton film yang baik. Penonton film yang baik maksudnya yang memberi appresiasi yang selayaknya pada sebuah karya yang banyak menghabiskan waktu pembuatannya. Jangankan menjadi penonton yang baik, menyediakan waktu khusus untuk menonton sebuah filmpun hampir tidak pernah lagi dalam sepuluh tahun terakhir bahkan lebih.

Seperti kebanyakan anda, menonton film saat ini biasanya terjadi di luar rencana, kebetulan, tidak memerlukan usaha dan tidak mengeluarkan uang juga. Maklumlah, karena banyaknya saluran TV yang memutar film dalam program siarannya, kebanyakan kita saat ini enggan untuk pergi ke bioskop untuk menonton film. Apalagi untuk yang berada di kota-kota besar, kemacetan jalan raya menambah alasan untuk malas merencanakan untuk pergi ke bioskop menonton sebuah film. Terlebih keadaan saat ini di mana harga-harga ikut "terbang naik" seiring dengan kenaikan BBM maka demi mempertahankan daya beli penghasilan yang tidak serta merta naik untuk kebutuhan pokok dan mendasar maka lengkaplah sudah alasan untuk menempatkan acara menonton film sebagai kegiatan mengisi waktu pilihan terakhir.


Sejauh ini tidak banyak film yang saya ingat untuk waktu yang lama. Ketika kuliah saya hanya mengingat film The Legend of the Fall yang dibintangi Anthony Hopkins dan Brad Pitt, Rain Man yang dibintangi oleh Dustin Hoffman dan Tom Cruise dan Pretty Woman dibintangi oleh Richard Gere dan Julia Roberts.

Setelah bekerja dan menikah saya hanya mengingat satu judul film India yang cukup mengesankan yaitu Kuch Kuch Hota Hai yang dibintangi oleh Shahrukh Khan. Tetapi ketika baru-baru ini saya mendapat kesempatan menonton film Barfi secara tak sengaja dalam sebuah penerbangan ke Bali saya mendadak menyadari diri saya kembali jatuh cinta lagi pada sebuah film. Saya rasanya layak memberi apresiasi pada film ini.

Barfi, film komedi yang berkisah tentang Barfi (Ranbir Kapoor) seorang pemuda tuna wicara yang kebetulan sekali memiliki penampilan yang nyaris sempurna untuk menjadi idola para gadis. Barfi, seorang pemuda dari keluarga yang sederhana mencintai dua orang wanita dari kalangan berada yaitu Jhilmil (Priyanka Chopra) seorang gadis autis yang sudah dikenalnya sejak kecil dan Shruti (Ileana D'Cruz) wanita yang sudah bertunangan dengan seorang yang dikenalnya di kampusnya.

Kisah cinta sepasang manusia normal saja sudah merupakan kisah yang menarik. Barfi adalah lelaki tidak normal yang mencintai dua wanita, yang satu seorang gadis autis dan satu lagi wanita muda cantik dari keluarga kaya dan hidup mapan.

Sebuah film yang baik pertama-tama dan paling penting harus menghibur. Kedua, film yang baik harus memiliki aktor-aktor yang memiliki watak akting yang baik. Film yang baik harus memiliki alur cerita yang menarik. Film yang baik harus didukung oleh pengambilan gambar yang baik, latar belakang musik yang baik dan cara bercerita yang baik.

Akting Ranbir Kapoor, bagi saya sempurna. Dia dapat memerankan seorang tunawicara dengan baik. Dia berhasil menampilkan sosok pemuda kota kecil yang lugu tetapi penuh semangat.

Barfi dibuat dengan sebuah setting kota kecil yang tidak begitu kita kenal di Indonesia, Darjeeling. jauh dari kota Mumbay dan Kalkutta yang sering menjadi setting film-film India yang banyak kita saksikan.

Tapi dengan mengambil setting di kota kecil Darjeeling justru menjadi kekuatan film ini. Dengan Barfi kita mengenal sebuah kota kecil India yang bersih dan asri.

Film yang baik harus memberi pesan yang jelas tanpa menggurui penontonnya. Cara ibu Shruti mengajarinya untuk tidak salah memilih jodoh sangat menarik.

Tidak bisa disangkal, film yang baik dapat menjadi sarana pencitraan sebuah bangsa yang baik. Menurut saya Barfi berhasil membangun citra industri film India yang terus melahirkan bakat-bakat dan ide yang bagus. Film ini berhasil menjual citra India dengan baik.

Film ini adalah film yang bagus, layak diberi apresiasi dan layak ditonton

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...