Monday, January 6, 2014

TESTIMONI MONANG NAIPOSPOS

      “Pertemanan saya dengan Petrus Marulak Sitohang diawali semasih komunitas blogger masih kuat membangun jaringan komunikasi, hingga pertemanan di jejaring sosial lainnya. Banyak pandangan beliau yang membangun opini mencerdaskan, baik dari segi kapasitasnya di bidang administrasi keuangan dan pemerintahan. Pembekalan beliau kepada publik untuk lebih mampu menganalisa APBD telah pernah saya muat di blog saya dan banyak dibaca. (http://tanobatak.wordpress.com/2009/12/24/apbd-sebagai-tolok-ukur-good-governance-di-daerah/)
  
     Upayanya untuk mengembalikan perhatian terhadap tanah leluhur juga dilontarkan dalam diskusi dunia maya. Bahkan realisasi aktual dari gagasan beliau, pernah juga dilakukan dialog publik di Tuktuk Siadong Kabupaten Samosir tanggal 15 Mei 2010.
 
       Bukan hanya gagasan yang muncul dalam pemikirannya yang diupayakan terlaksana menjadi wujud nyata, apa yang dipikirkan orang lain dan dianggap penting, turut juga didukung dengan aksi nyata. Saat saya melontarkan gagasan untuk melakukan dokumentasi gondang batak yang menurut saya akan hilang tanpa dokumen yang kelak bisa digali, beliau sangat mendukung. Proyek sederhana namun penting ini terlaksana dengan melakukan dokumentasi 12 gondang batak yang langka.

Masih banyak pemikiran yang sama dengan beliau ini, namun saya berpikiran, kalau semakin banyak putra Batak khususnya dan putra Indonesia umumnya melakukan hal yang sama, dari kecil hingga yang besar, maka harapan untuk membantu penguatan masyarakat dari bawah akan semakin cepat. Penguatan masyarakat adalah dasar utama melakukan perbaikan negeri, pendampingan kepada masyarakat yang paling lemah akan mendorong gerakan semakin cepat dan cerdas.

      Semoga cita-cita dan perbuatan Petrus Marulak Sitohang bisa menjadi cerminan dan anutan bagi siapa saja, dan menjadi keragaman dari tindakan dan pemikiran lainnya, oleh siapa saja, yang saling melengkapi.

     (Monang Naipospos adalah pemuka Parmalim (agama asli Batak) yang berpusat di Hutatinggi Laguboti, Budayaan Batak, blogger Batak yang aktif menulis dan saat ini menjadi anggota DPRD Kabupaten Toba Samosir).

No comments: