Monday, November 16, 2015

Ada Warung Milik Keluarga Sitohang di Amsterdam

Dari kiri: Daniella Sitohang, aku, Harriston Sitohang, Esje Kartopawiro dan isteriku Lenni Purba
Sungguh pengalaman yang menyenangkan saat berjumpa dengan kawan sebangsa di negeri orang. Dan ketika saya bahkan bisa jumpa dengan semarga Sitohang di tempat yang jauh negeri asal orang Batak itu pasti sedikit heboh atau memang heboh betul.

Itu yang saya alami ketika berjumpa dengan Harriston Sitohang yang ternyata masih memiliki silsilah yang cukup dekat dengan kami dan bahkan orang tua kami ternyata dekat satu sama lain dalam paguyuban marga Sitohang di Jakarta.


Lebih menyenangkan lagi karena Harriston Sitohang dan isterinya Esje Kartopawiro yang keturunan Suriname adalah pemilik Warung Sranang Makmur, salah satu dari beberapa restoran masakan Indonesia dan Suriname yang ada di Amsterdam.

Meskipun Harriston yang oleh keluarga dan kawan dekatnya dipanggil Pa'E itu sudah dibesarkan di Jakarta dan sudah tinggal di Belanda selama hampir 30 tahun terakhir, sifat kebatakannya masih sangat kental. Dia tidak segan-segan mengajak saya tinggal di rumah mertuanya untuk menghemat biaya pemondokan dan makan selama berada di Belanda.

Untuk teman-teman yang berkunjung ke Belanda, khususnya Amsterdam, silahkan mampir ke Warung Sranang Makmur dan berjumpa dengan saudara saya yang ramah ini. Di warungnya anda tidak hanya akan menjumpai Harriston Sitohang dan isterinya Esje Kartopawiro yang ramah tetapi juga masakan Indonesia dan Suriname yang benar-benar rasa asli dari asalnya.

Dan untuk anda ketahui, sewaktu Presiden Jokowi masih sebagai pengusaha mebel yang sering ke Eropa untuk menjual produk mebel di Amsterdam dia juga mampir ke warung ini....Nah lo siapa tau kalau anda mampir juga ketiban "tuah" dari suguhan makanan Warung Sranang Makmur.


No comments: