Saturday, February 20, 2016

Ditandatangani Komitmen Stakeholder Pariwisata Kepri Untuk Pelaksanaan Pendaftaran Usaha dan Penerapan Standar Usaha Pariwisata

Dari kiri: Petrus M. Sitohang (Anggota DPRD Kota Tanjungpinang), Luki Zaiman Prawira (Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Agus Priyono (Asdep Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata), Guntur Sakti (Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau), Said Sirajudin (DPRD Kepulauan Riau), Suryaminsah (Kepala Dinas Kabupaten Karimun) dan Juramadi Esram (Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang) seusai penandatanganan komitmen tentang pelaksanaan pendaftaran dan pemantauan penerapan standar usaha pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang 19 Februari 2016.
Guna mendukung program pemerintah Jokowi JK dalam meningkatkan peranan sektor pariwisata Indonesia dalam pembangunan, para stakeholder sektor pariwisata Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan komitmen bersama untuk melaksanakan pendaftaran usaha pariwisata dan penerapan standar usaha pariwisata sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Komitmen ini disampaikan di akhir acara Advokasi Pendaftaran Usaha Pariwisata yang diadakan oleh Deputi Bidang Pembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata di Hotal CK Tanjungpinang 19 Februari 2016.


Peraturan mengenai pendaftaran usaha pariwisata dan standar usaha pariwisata yang dimaksud adalah:
1. Undang Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan;
2. Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2012 Tentang Sertifikasi Komptensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata;
4. Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 85 -97 Tahun 2010 Tentang Tata Cara Pendaftara Usaha Pariwisata; dan
5. Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Usaha Pariwisata.

Turut hadir dalam penandatangan komitmen tersebut adalah Asisten Deputi Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Agus Priyono, Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Guntur Sakti, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang Juramadi Esram, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Lucky Zaiman, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun Suryaminsah, Anggota Komisi II DPRD Kepri Said Sirajudin, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Petrus M. Sitohang para pengurus dan anggota asosiasi industri pariwisata di Kepulauan Riau, pengusaha di bidang pariwisata, pejabat SKPD yang membidangi perijinan terpadu dan hukum di kabupaten dan kota se Kepulauan Riau.

Komitmen itu akan diwujudkan dengan:
1. Melaksanakan Pendaftaran Usaha Pariwisata (TDUP) berdasarkan Peraturan Menteri Pariwisata, Peraturan Bupati/ Peraturan Walikota/ Peraturan Daerah;
2. Menyusun Peraturan Bupati/ Peraturan Walikota/ Peraturan Daerah Terkait TDUP;
3. Memantau Pelaksanaan TDUP;
4. Memantau pelaksanaan penerapan standar udaha pariwisata;
5. Melaporkan pelaksanaan TDUP dan penerapan standar usaha pariwisata secara berkala setiap 6 bulan dan berjenjang dari Bupati/ Walikota kepada Gubernur dan Gubernur kepada Menteri Pariwisata. 

      

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...