Monday, February 1, 2016

Survey Mengenai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Saya yakin sebagian besar dari kita sudah pernah mendengar istilah MEA yang merupakan kepanjangan dari Masyarakat Ekonomi Asean (Asean Economic Community). Pejabat pemerintah Indonesia mulai dari Presiden, pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri, gubernur, bupati dan walikota telah seringkali mendengungkan istilah ini.



Sejak dicanangkan pertama kali dalam pertemuan para Menteri Ekonomi Asean di Kuala Lumpur tahun 2006 berarti gagasan  MEA hingga saat ini sudah berumur 15 tahun. Pertanyaannya adalah sudah seberapa jauh kita memahami MEA. Dan pertanyaan berikutnya adalah apa pengaruh MEA pada kita, usaha dan pekerjaan kita? Apakah para pemimpin negeri ini ketika menyepakati rencana penerapan MEA mulai akhir tahun 2015 yang lalu sudah yakin bahwa MEA ini akan membawa manfaat dan bukannya membawa bangsa Indonesia ke arena persaingan yang tidak sehat? Pertanyaan ini mengingat kemajuan negara-negara anggota Asean seperti Singapuran, Malaysia dan Thailand yang sudah nyata lebih unggul dan kompetitif di daripada Indonesia di berbagai bidang terutama ekonomi. 


Slogan Asean saat  ini adalah:
  • Satu visi;
  • Satu identitas;
  • Satu masyarakat.

Masyarakat Asean yang diimpikan adalah sebuah masyarakat yang penuh dengan kesempatan untuk maju.

Dengan slogan dan mimpi yang dicanangkan para pemimpin Indonesia bersama rekan-rekannya dari ke 10 negara lainnya yang tergabung dalam Asen, tentuanya kita wajib mendukung pelaksanaan MEA. Apalagi dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi telah berulang kali mengajak kita untuk tidak perlu takut atau kawatir menghadapi MEA. Presiden Jokowi mengatakan bahwa justru negara-negara Asean yang lain yang takut pada bangsa Indonesia.

Namun untuk menakar kesiapan kita, anda dan saya, menyongsong peluang yang dibawa MEA ini untuk kita saya mengajak anda untuk bersedian mengikuti survey independen mengenai pemahaman kita mengenai MEA. Survey ini ada di sidebar sebelah kanan atas blog ini. Anda cukup memilih salah satu dari empat jawaban yang disediakan. Sederhana sekali. Hasil survey ini  nanti akan saya jadikan bahan diskusi bersama beberapa orang yang memiliki perhatian dan pemahaman yang baik mengenai rencana MEA ini. Hasilnya akan saya publikasikan dalam blog ini.

Jika ada memiliki saran dan masukan mengenai survey ini silahkan mengirimkannya ke email: petrus.marulak@sitohang.org

No comments: