Friday, November 17, 2017

Mendampingi Warga Tanjungpinang Mengurus Kartu Indonesia Sehat

Dalam rangka mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional dan merespon keluhan warga tidak mampu yang belum tercakup dalam layan program tersebut, saya mendampingi warga kota Tanjungpinang mengurus kepesertaan Kartu Indonesia Sehat yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Kartu Indonesia Sehat yang dimaksud adalah Program Jaminan Kesehatan Nasional yang didanai Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui APBD Kota Tanjungpinang.


Setelah melalui berbagai tahapan sesuai peraturan yang berlaku mulai dari RT, Kelurahan, Kecamatan, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan akhirnya beberapa warga yang sudah mengajukan permohonannya menerima Kartu Indonesia Sehat di Kantor BPJS Kota Tanjungpinang yang diserahkan oleh kepala BPJS Kota Tanjungpinang ibu Lenny Marlina Manalu di kantornya 17 November 2017. Dalam kesempatan ini saya menyempatkan diri mendampingi warga untuk menerima kartu program JKN yang sangat dibutuhkan warga masyarakat ini.

Program Jaminan Kesehatan Nasional terdiri dari 3 skema (segmen):
  1. dana APBN, 
  2. dana APBD, dan 
  3. dana Mandiri (untuk warga yang mampu)
Setiap pemerintah daerah memiliki tanggungjawab untuk memastikan seluruh warganya terlindungi melalui salah satu skema tersebut di atas. Warga yang saya dampingi menerima KIS di bawah ini adalah warga yang jaminan kesehatannya dananya disiapkan Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam APBD.

Mari kita sukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional agar dapat melindungi seluruh lapisan warga masyarakat (universal health care).

Karena "kalau kita gotong royong, semua akan tertolong".

No comments: