Wednesday, January 24, 2018

Berjumpa Dengan Veryanto Sitohang Aktifis HAM Dari Sidikalang

Veryanto Sitohang adalah aktivis Aliansi Sumut Bersatu yang giat mempromosikan pluralisme (kebhinnekaan) dan pemberdayaan perempuan di Sumatera Bagian Utara dan sekitarnya. Aktifitasnya memperjuangkan penghargaan pada keberagaman seringkali bersinggungan dengan kelompok yang diuntungkan oleh keadaan status quo. Ini seringkali membawanya ke situasi yang membahayakan keamanannya. Resiko yang dengan sengaja diambilnya demi memperjuangkan idealismenya membuat dia harus memutuskan tinggal sendiri agar orang tuanya tidak terganggu dengan aktifitasnya.


Saya berkesempatan bertemu dia di rumahnya di Sidikalang Dairi pertengahan tahun 2017 dan berdiskusi mengenai kegiatannya dan keprihatinannya tentang ancaman terhadap pluralisme yang sedang marak di negeri ini. Kami berdiskusi di ruang perpustakaan pribadi di rumahnya yang dipenuhi buku-buku tentang persoalan sosial dan politik negeri ini serta lukisan-lukisan dengan bahan kopi yang memang merupakan hasil alam Dairi yang sudah dikenal dunia. Di akhir diskusi dia memberikan beberapa buku hasil karyanya tentang kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukannya hampir 20 tahun terakhir.



Dia juga mengajak saya untuk melihat-lihat koleksi fashionnya bermotif etnik Batak yang sangat menarik dan kaya simbol. Di samping giat dalam melakukan promosi, edukasi dan advokasi mengenai pluralisme dan pemberdayaan perempuan di Sumut dan sekitarnya, dalam beberapa tahun terakhir dia juga mulai menekuni hobbynya yang lain yakni desain pakaian dengan motif etnik berbahan kain tenun dan memajangnya di rumahnya. Untuk yang berminat melihat-lihat koleksinya dan membelinya bisa menghubunginya di galeri pribadinya "Sopo Mode Etnik" Sidikalang.

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...