Friday, January 19, 2018

Generasi Muda Harus Bijak Menggunakan Media Sosial


Pemuda Katolik Komcab Kota Batam menyelenggarakan diskusi dengan tema "Peranan Media Sosial dalam Menjaga Keutuhan Bangsa" bertempat di gedung serba guna Gereja Katolik St Petrus Lubuk Baja Batam tanggal 27 September 2017 yang lalu.
  


Narasumber dalam diskusi ini adalah Alois Wisnuhardana, Tenaga Ahli Komunikasi Publik Kantor Staf Presiden RI yang sebelumnya adalah wartawan senior media nasional termasuk di harian Kompas. Selain itu juga Petrus M. Sitohang, Pengusu Pusat Pemuda Katolik Bidang Hubungan dan Kerjasama Internasional dan saat ini menjabat sebagai caretaker Ketua Komda Pemuda Katolik Kepri. 

Turut hadir dalam diskusi ini Ketua Komda Pemuda Katolik Provinsi Bangka Belitung Mehoa, Pastor RD. Paskalis, PIPA Paroki se-Kota Batam & Pengurus WKRI Kota. Kegiatan ini diikuti oleh Pengurus Komda Kepri, anggota dan pengurus Pemuda Katolik Komcab Kota Batam, 

Kegiatan ini dilatar belakangi besarnya dampak sosial dan politik yang ditimbulkan penggunaan media sosial akhir-akhir ini. Media sosial ibarat pisau bermata dua yang dapat merusak keutuhan bangsa jika digunakan orang yang memiliki tujuan jahat. Alois Wisnuhardana memberikan beberapa contoh bagaimana berita palsu atau bohong (hoax) direkayasa dengan cara yang sedemikian rupa dan disebarkan lewat media sosial serta dampak buruk yang ditimbulkan. Dampak buruk yang ditimbukan penyebaran berita bohong antara lain benih perpecahan yang saat ini dirasakan tumbuh subur dan mengancam keutuhan dan keharmonisan bangsa yang selama ini terjalin baik. Penggunaan media sosial oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab bukan saja telah merusak keutuhan dan keharmonisan bangsa tetapi juga telah mengganggu pemerintah yang saat ini sedang bekerja keras untuk melaksanakan program pembangunan dan mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara-negara lain.

Dalam kesempatan tersebut Petrus Sitohang mengajak anggota Pemuda Katolik untuk bijak dan aktif menggunakan media sosial untuk melawan berita-berita bohong serta menyebarkan kabar baik tentang negara dan bangsa ini. Generasi muda katolik tidak boleh tinggal diam dan menjadi penonton perkembangan negara dan bangsanya. Petrus Sitohang juga memberikan beberapa contoh mengenai bagaimana perkembangan teknologi informasi berbasis internet sedang merubah cara pemerintahan bekerja, cara bisnis dijalankan dan pola komunikasi interpersonal dan sosial di seluruh dunia. Dia juga menunjukkan bagaimana perkembangan ini membawa peluang sekaligus ancaman bagi masa depan generasi muda yang jika tidak menyiapkan diri akan tertinggal dari kemajuan peradaban.

Pro Ecclesia et Patria!
Pro Bono Publico!

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...