Wednesday, January 17, 2018

Memasarkan Wonderful Kepri di Frankfurt


Tahun 2017 yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk ikut memasarkan Kepulauan Riau di event pameran IMEX 2017 di Frankfurt Jerman.  Ini adalah pameran wisata MICE terbesar di dunia. Pameran ini berlangsung di Frankfurt Messe yang merupakan pusat pameran terbesar di Frankfurt. 

  

Dalam event tersebut saya diberi kesempatan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia untuk membawakan presentasi yang mempromosikan Kepulauan Riau khususnya Tanjungpinang dan Bintan sebagai lokasi MICE alternatif yang menarik di hadapan para pengunjung pameran tersebut pada tanggal 16-18 Mei 2017.
 
Saya menyampaikan presentasi kepada para buyer wisata perjalanan bisnis yang sebagian besar berasal dari Rusia dan negara-negara Eropa Timur yang berminat untuk mengenal pesona wisata yang ada di Indonesia dan Kepulauan Riau khususnya. Saat presentasi saya menyampaikan keunggulan-keunggulan yang dimiliki Kepulauan Riau secara komparatif dengan negara-negara tetangga kita seperti Singapura dan Malaysia. Perbandingan yang saya sampaikan mencakup akses, fasilitas pertemuan, pesona dan keragaman budaya, pesona alam serta kuliner yang ada di Indonesia.

Saya juga menunjukkan tabel perbandingan biaya yang dikeluarkan wisatawan di Indonesia dibandingkan dengan di Singapura dan Malaysia secara apple to apple. Perbandingan biaya mencakup: 
  • sewa kamar hotel;
  • biaya makan;
  • biaya transportasi; dan 
  • biaya guide
Perbandingan yang saya tunjukkan menunjukkan bahwa biaya wisata per hari per orang untuk kebutuhan pokok di luar belanja di Indonesia jauh lebih murah dibandingkan di Singapura dan sedikit lebih murah dibandingkan di Malaysia. Sementara pesona objek-objek wisata, budaya dan kuliner di Indonesia jauh lebih beragam dan menarik.




No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...