Friday, January 26, 2018

Menjadi Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tanjungpinang


Petrus M. Sitohang, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan saat menjadi juru bicara dalam sebuah sidang paripurna DPRD Kota Tanjungpinang yang dipimpin oleh Ketuanya Suparno (duduk tengah) dan dihadiri oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah (duduk kiri depan) dan Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Ade Angga (duduk kanan)



M. Syahrial (Ketua)
Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Kota Tanjungpinang saat ini terdiri dari 6 orang anggota yakni:
1. M. Syahrial (Ketua)
2. Agus Djurianto (Wakil Ketua)
3. Petrus M. Sitohang (Sekretaris)
4. Boorman Sirait (Anggota)
5. Suparno (Anggota)
6. Sukandar (Anggota)
 

Petrus M. Sitohang (Sekretaris)

Sebelumnya Fraksi PDI Perjuangan berjumlah 7 orang termasuk Rahma. Namun Rahma memutuskan mundur dari keanggotaan PDI Perjuangan. Saat ini proses pergantian antar waktu Rahma masih sedang dalam proses di DPRD Kota Tanjungpinang. 

Agus Djurianto (Wakil Ketua)
Fraksi PDI Perjuangan merupakan fraksi terbesar di DPRD Kota Tanjungpinang saat ini hasil pemilihan legislatif tahun 2014. Sehingga Fraksi PDIP menempati posisi Ketua DPRD Kota Tanjungpinang yang dijabat oleh Suparno. 

DPRD Kota Tanjungpinang saat ini memiliki 30 kursi mewakili 260.000 penduduk. Adapun komposisi fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kota Tanjungpinang hasil pemilu legislatif 2014 yang akan menjabat untuk periode 2014-2019 adalah sebagai berikut:
1. Fraksi PDI Perjuangan (Partai PDI Perjuangan): 7 kursi;
2. Fraksi Golkar (Partai Golkar): 4 kursi;
3. Fraksi HANURA (Partai HANURA): 4 kursi;
4. Fraksi Demokrat Plus (Partai Demokrat 3 kursi + PKPI 2 kursi): 5 kursi;
5. Fraksi Gerindra (Partai Gerindra): 3 kursi;
6. Fraksi PKS (PKS): 3 kursi;
Boorman Sirait (Anggota)
7. Fraksi Amanat Pembangunan (PAN 2 kursi + PPP 2 kursi): 4 kursi

Setiap anggota Fraksi PDI Perjuangan ditugaskan dalam alat-alat kelengkapan dewan yang permanen seperti Komisi-komisi yang bertugas untuk menjadi mitra pemerintah dalam tugas pengawasan dan penganggaran, Badan Musayawarah, Badan Anggaran, Badan Kehormatan dan Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda).

Adapun penugasan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tanjungpinang dalam alat alat kelengkapan DPRD Kota Tanjungpinang adalah sebagai berikut:1. Suparno (Pimpinan DPRD dengan jabatan Ketua, Badan Aggaran dan Badan Musyawarah ex officio sebagai Ketua);
2. M. Syahrial (Komisi II sebagai anggota, Bapemperda sebagai anggota dan Badan Musyawarah sebagai anggota);
3. Agus Djurianto (Komisi I sebagai anggota, Bapemperda dan Badan Anggaran sebagai anggota);
4. Petrus M. Sitohang (Anggota Komisi II, Anggota Badan Anggaran);
5. Boorman Sirait (Komisi III sebagai Ketua, Badan Kehormatan Dewan sebagai Anggota dan Badan Anggaran sebagai anggota)
6. Sukandar (Komisi III sebagai anggota dan Badan Musyawarah sebagai anggota)
 
Suparno (Ketua DPRD Tanjungpinang)
Di luar itu anggota-anggota Fraksi PDI Perjuangan juga ditugaskan menjadi anggota-anggota Panitia Khusus dan atau Panitia Kerja yang dibentuk pada saat diperlukan untuk membahas suatu rancangan peraturan daerah atau laporan pemerintah daerah yang perlu dibahas seperti Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah.

Pada kesempatan pembacaan pandangan umum atau pendapat akhir fraksi dalam sidang paripurna salah seorang anggota Fraksi akan ditugaskan untuk menjadi juru bicara Fraksi sesuai kebutuhan.


No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...