Wednesday, February 14, 2018

ANC Memberi Ultimatum Presiden Zuma Untuk Mundur



Partai yang berkuasa di Afrika Selatan ANC memberi ultimatum kepada Presiden Jacob Zuma untuk mengundurkan dari jabatannya paling lambat hari Rabu ini. Jika tidak ANC akan melanjutkan proses mosi tidak percaya terhadapnya di parlemen pada hari Kamis besok 15 Februari. 

Demikian dilaporkan stasiun televisi Aljazeera yang berbasis di Doha Qatar hari ini Rabu 14 Februari. Hal ini semakin meningkatkan tekanan kepada Zuma setelah Selasa kemarin pimpinan ANC secara resmi menarik (recall) mandat yang diberikan kepadanya untuk menjadi presiden Afrika Selatan menggantikan Thabo Mbeki tahun 2009.

Tekanan kepada Zuma untuk mundur yang dilakukan ANC, partai yang berkuasa di Afrika Selatan sejak tumbangnya rezim apartheid merupakan puncak dari berbagai tuduhan skandal penyalah gunaan kekuasaan dan etik yang dilakukannya sejak terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan tahun 2009. Dia dikaitkan dengan persekongkolan dengan pengusaha Afrika Selatan keluarga Gupta yang diduga juga melibatkan anak Zuma. 

ANC menilai Zuma menjadi penyebab kemerosotan elektabiltas partai dalam banyak pemilu lokal beberapa tahun terakhir termasuk di wilayah asal Zuma. Pada bulan Desember 2017 ANC memberhetikan Zuma sebagai Ketua partai dan menggantinya dengan wakilnya Cyril Ramophosa. 

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...