Friday, February 9, 2018

DPRD Kota Tanjungpinang Hadiri Rakornas Kependudukan dan Catatan Sipil I 2018 di Batam



Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) diluncurkan di Batam dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Catatan Sipil I 2018. Rakornas yang pertama kali ini diadakan hotel Harmoni One Batam Kamis, 8 Februari 2018. Peluncuran GISA dan pembukaan Rakornas dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Turut mendampingi Tjahjo dalam acara pembukaan tersebut adalah Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali, Gubernur Kepuluan Riau Nurdin Basirun, Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arief Fakrulloh dan disaksikan oleh sekitar 1.600 pimpinan organisasi perangkat daerah yang membidangi urusan Kependudukan dan catatan sipil se Indonesia.


Seusai acara pembukaan Rakornas anggota DPRD Kota Tanjungpinang Petrus M. Sitohang (nomor 2 dari dari kanan) bertemu dengan Mendagri Tjahjo Kumolo saat beristirahat di salah satu kedai kopi di Batam. Saat itu Tjahjo Kumolo didampingi oleh dari kiri: Walikota Batam Rudi, Ketua Komisi II Zainuddin Amali, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Sardison.
  
Beberapa anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang menghadiri acara pembukaan Rakornas Kependudukan dan Catatan Sipil di Batam (dari kiri) Petrus M. Sitohang (PDI Perjuangan), Ade Angga (Wakil Ketua/ Golkar), Fengky Fesinto (Hanura) dan Maskur Tilawahyu (Demokrat).

Rakornas Dukcapil yang berlangsung pada tanggal 07 s.d. 09 Februari 2018 di Kota Batam mengangkat tema "Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA) Menuju Sukses Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019".


Mengingat pentingnya masalah kependudukan dan pencatatan sipil bagi kepentingan masyarakat dan pemerintah pimpinan dan anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang diundang oleh Gubernur hadir dalam acara tersebut. Petrus M. Sitohang anggota Fraksi PDI Perjuangan juga ikut hadir bersama-sama dengan anggota fraksi PDI Perjuangan yang lain seperti M. Syahrial dan Agus Djurianto. Pemerintah Kota Tanjungpinang juga turut hadir diwakili oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Irianto.

Gerakan Indonesia Sadar Adminduk atau disingkat #GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan 4 hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat.

Dengan launching #GISA, diharapkan akan terbangunnya ekosistem pemerintahan dan masyarakat yang sadar akan pentingnya adminstrasi kependudukan.

Siapa target sasaran #GISA?

Targetnya adalah masyarakat, aparatur petugas pelayanan Dukcapil, dan lembaga pengguna (pemerintah dan swasta).

Dimana #GISA akan diterapkan?

#GISA diterapkan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan berpuncak di tingkat nasional Indonesia.

Bagaimana teknis penerapannya?

Dalam penerapannya, 1 kecamatan minimal harus terbentuk 1 desa/kelurahan sadar Adminduk, 1 kabupaten/kota minimal terbentuk 1 kecamatan sadar Adminduk, dan 1 provinsi minimal terbentuk 1 kabupaten/kota sadar Adminduk.

Puncak akhir dari #GISA adalah terwujudnya Indonesia yang sadar administrasi kependudukan, sehingga terwujud tertib administrasi kependudukan sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...