Wednesday, February 21, 2018

Kunjungan Dialog DPM Umrah ke Kediaman Petrus M. Sitohang


Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Fraksi PDI Perjuangan Petrus M. Sitohang menerima kunjungan pengurus dan anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di kediamannya Selasa, 20 Februari 2018. Kedatangan para legislator kampus itu adalah untuk meminta saran-saran dan masukan untuk menjadi bahan diskusi di acara Konferensi Nasional lembaga DPM se Indonesia di Padang Sumatera Barat akhir bulan ini. Anggota DPM Umrah yang datang berkunjung adalah: Pebi Jeta Indriani S., Mellyana Candra dan Beres Lumbantobing. Ketiganya berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UMRAH.

Kepada ketiga aktivis kampus tersebut Petrus Sitohang secara gamblang menyampaikan harapannya agar mahasiswa-mahasiswa UMRAH bisa berkontribusi bersama citivas academica lainnya menjadikan UMRAH sebagai center of excellence untuk studi kemaritiman di negeri ini. Hal itu dapat dilakukan para mahasiswa UMRAH dari semua disiplin ilmu melalui penelitian dan seminar-seminar mengenai kemaritiman ditinjau dari berbagai persfektif keilmuan seperti: hukum, sosiologi, pemerintahan, hubungan internasional, ekonomi, manajemen, teknologi kelautan dan perikanan dan lain-lain.

Menurut Sitohang kalau IPB menjadi centre of excellence di bidang studi ilmu-ilmu pertanian atau kehutanan yang berbasis daratan itu make sense. Tetapi centre of excellence studi mengenai kemaritiman harusnya lebih tepat jika ada di kota Tanjungpinang (UMRAH). Atau setidaknya UMRAH harus lebih dari perguruan tinggi lainnya yang terletak di kota dataran tinggi seperti Bogor (IPB). Hal ini didukung oleh fakta karena UMRAH berada di pusat provinsi yang 96% lebih wilayahnya adalah lautan, bandingkan dengan Bogor yang berada di dataran tinggi.

Petrus Sitohang menambahkan dia peduli atas hal ini karena kemajuan sebuah universitas akan menjadi faktor pendorong bagi kemajuan kota di mana universitas itu berada. Kemajuan UMRAH akan menjadi pendorong penting bagi kemajuan kota Tanjungpinang di masa yang akan datang. Dia mencontohkan bagaimana kemajuan Universitas Brawijaya Malang (alma maternya) sangat membantu pertumbuhan dan kemajuan kota Malang Jawa Timur sejak dulu hingga sekarang.

No comments: