Wednesday, February 14, 2018

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma Diminta Mundur

Negara Afrika Selatan menghadapi ketidakpastian politik sejak Selasa 13 Februari 2018. ANC partai yang berkuasa di negeri itu meminta Presiden Jacob Zuma untuk mengundurkan diri segera. Baru hari Jumat lalu Presiden Zuma memecat Menteri Keuangan Afrika Selatan yang sangat berpengaruh Pravin Gordhan dan sembilan menteri lainnya. 


Sekretaris Jenderal ANC Ace Magashule dalam konferensi pers yang disiarkan oleh TV Aljazeera kemarin menjelaskan bahwa keputusan ANC untuk meminta kadernya tersebut segera mundur sebagai keputusan yang sulit yang diambil setelah diskusi yang melelahkan.

Sekjen Magashule mengatakan bahwa secara prinsip Jacob Zuma telah setuju untuk mundur dalam waktu 3-6 bulan sesuatu yang tidak dapat disetujui oleh pemimpin ANC saat ini.

Jika Jacob Zuma tidak mau mundur, pihak oposisi Afrika Selatan sudah menjadwalkan untuk mengajukan mosi tidak percaya di parlemen tanggal 22 Februari yang akan memaksa ANC untuk mengikuti keinginan oposisi menyetuji mosi tersebut.

Keputusan ANC ini diduga untuk memperbaiki citra partai itu yang merosot yang diakibatkan banyak skandal dan tuduhan korupsi yang dialamatkan Presiden Jacob Zuma selama ini. Meskipun Zuma selalu berhasil melewati tuduhan terhadap dirinya namun popularitas ANC telah jatuh merosot akhir-akhir ini dibuktikan dengan banyaknya kekalahan yang dialami ANC dalam pemilu lokal negeri itu. 

No comments: