Thursday, February 1, 2018

Senang Bersama Kaum Muda dan Melihat Pemuda Berkembang

Seusai kegiatan dialog bersama kaum muda Tanjungpinang mengenai tantangan dan peluang era digital di hotel Comfort bulan Juni 2017 yang lalu.
 Sejak di bangku kuliah Universitas Brawijaya Malang Petrus Sitohang tidak pernah berhenti menjadi aktifis. Pertama kali belajar organisasi di Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Malang. Karir organisasinya pertama adalah ketika ikut Pemilihan Umum Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya untuk memilih anggota Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM). Kali pertama mengikuti pemilu kampus Petrus Sitohang terpilih menjadi 1 dari 25 anggota BPM. Pada saat pemilihan pengurus dia terpilih menjadi Wakil Sekretaris BPM Fakultas Ekonomi periode 1988-1990.



Bersama Menteri Pemuda Olahraga Iman Nahrawi dalam acara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Tanjungpinang tahun 2016.

Sejak saat itu dia terus menempa diri di berbagai organisasi mahasiswa baik dalam maupun luar kampus. Di luar kampus dia aktif di Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) organisasi mahasiswa yang didirikan tahun 1947 di Yogyakarta oleh para mahasiswa katolik yang merasa peduli untuk ikut menegakkan kemerdekaan bangsanya yang saat itu terus mengalami tekanan dari kolonial Belanda. Melalui PMKRI itulah wawasan kebangsaannya semakin terbentuk karena sering berinteraksi dan berkomunikasi serta melakukan kegiatan bersama dengan sesama mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. Melalui PMKRI juga dia sering mengadakan dialog dengan organisasi-organisasi mahasiswa ekstra kampus dari spektrum pergerajan dan kesejarahan yang berbeda seperti HMI, PMII, GMNI dan GMKI yang bersama PMKRI bergabung dalam apa yang dikenal dengan kelompok Cipayung.


Petrus Sitohang (nomor 6 dari kanan) berpose bersama mahasiswa dan dosen STISIPOL Raja Ali Haji Tanjungpinang seusai memberikan kuliah pakar mengenai Pelayanan Umum dalam Perspektif Good Governance pertengahan tahun 2016.

Membantu keberangkatan pemuda asal Kepulauan Riau Elsafrida Sitohang, mahasiswa Universitas Maritim Raja Haji Tanjungpinang (nomor 4 dari kiri barisan depan) ikut serta dalam program pertukaran pemuda Indonesia China yang dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga tahun 2016.
Petrus Sitohang (berdiri berbaju kotak-kotak) berpose bersama Generasi Muda Batak (GMB) Tanjungpinang seuasi memberi motivasi kepada Generasi Muda Batak agar mengembangkan diri seluas-luasnya, memelihara adat dan tradisi sembari menjunjung adat istiadat yang berlaku di tanah Melayu tempat mereka berada.

Berpose bersama Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) masa bakti 2017-2019 seusai acara pelantikan oleh Pengurus Pusat GMKI. 
Petrus Sitohang (nomor 2 dari kiri) aktif mempromosikan potensi generasi muda Tanjungpinang. Hal ini dilakukannya agar generasi muda Tanjungpinang dan Kepri diberikan kesempatan berkembang dan dilibatkan dalam program-program pembinaan dan pengembangan pemuda. Hal itu dilakukan melakui berbagai cara seperti seperti tampak di gambar ini saat Petrus Sitohang bertemu dengan Deputy Menteri Pemuda dan Olahraga Sakhyan Asmara (nomor 3 dari kiri) di kantor Kementerian Pemuda dan Olah Raga di Jakarta awal tahun 2016.
Bersama anggota baru Pemuda Katolik Cabang Batam tahun 2017.

No comments: