Monday, February 26, 2018

Sumbangan Kecil Dari Kota Tanjungpinang Untuk Pelestarian Bumi Kita

Petrus M. Sitohang, anggota DPRD Kota Tanjungpinang tampak menyerahkan bibit pohon mangga yang saya tanak di pekarangan rumah saya kepada pasangan suami isteri Agus Purba dan Tiamba Sianturi untuk ditanam di pekarangan rumahnya. Agus Purba adalah pimpinan jemaat GKPS Air Raja Tanjungpinang.
Dalam beberapa dekade terakhir kita semakin sering merasakan terjadinya peningkatan suhu bumi yang dikenal dengan fenomena pemanasan global. Rata-rata suhu bumi di tiap negara meningkat. Para ahli lingkungan telah melaporkan bahwa benua kutub di utara dan selatan sudah banyak mencair. Hal ini dikawatirkan akan meningkatkan permukaan air laut. Jika ini terjadi banyak kota-kota atau wilayah yang selama ini dihuni manusia akan tenggelam.
Pemanasan global sebagian besar adalah akibat ulah manusia. Hutan ditebang secara tidak bertanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan industri dan tempat tinggal manusia. Saat ini negara-negara anggota PBB telah sepakat untuk melakukan upaya-upaya bersama untuk melawan pemanasan global perubahan iklim yang mengancam kelestarian bumi.

Melestarikan planet bumi ini tidak tidak bisa diserahkan ke pemerintah atau organisasi besar semacam PBB. Setiap orang harus melakukan bagiannya untuk merawat planet bumi ini. Beberapa yang bisa kita lakukan sendiri dengan mudah dan murah adalah:

  • Tanam pohon di lahan-lahan kosong (pekarangan atau lahan terlantar);
  • Menjaga kebersihan lingkungan;
  • Mengurangi penggunaan plastik;
  • Gunakan kembali barang-barang yang bisa dipakai kembali sebagai pembungkus atau tempat barang bawaan (reuse);
  • Lakukan daur ulang bahan-bahan yang masih bisa difungsikan (recycle);
  • Hemat penggunaan air;
  • Hemat listrik dengan memadamkan lampu atau aliran listrik jika tidak perlu;
  • Hidupkan ac hanya jika perlu;
  • Jangan membuang sampah ke laut dan sungai.
Bumi yang kita diami ini adalah tempat yang akan didiami anak cucu kita kelak. Mari kita jaga kelestariannya sekarang agar anak cucu kita dapat menikmati bumi ini kelak. 

Sadar akan hal tersebut di atas anggota DPRD Kota Tanjungpinang Petrus M. Sitohang melakukan sendiri pembibitan berbagai tanaman buah di pekarangan rumahnya. Pembibitan dilakukan di kantong-kantong plastik agar mudah diangkut dan dipelihara. Setelah ukurannya cukup besar dia membagikan bibit tersebut kepada teman-temannya sesama warga kota Tanjungpinang.

Bagaimana dengan anda?

Petrus M. Sitohang, anggota DPRD Kota Tanjungpinang menyerahkan bibit jambu biji merah kepada salah seorang warga Tanjungpinang untuk ditanam di pekarangan rumahnya. Sitohang melakukan sendiri pembibitan berbagai jenis buah-buahan di pekarangan rumahnya untuk dibagi-bagikan kepada warga kota Tanjungpinang.

Petrus M. Sitohang menyerahkan bibit jambu biji merah kepada salah seorang warga Tanjungpinang Yudi Yap untuk ditanam di pekarangan rumahnya.
 













No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...