Monday, March 5, 2018

Deklarasi Damai Pemuka Agama Kota Tanjungpinang Untuk Pilkada


HMSTimes.com, Tanjungpiang – Menjelang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Kementerian Agama Kota Tanjungpinang melaksanakan temu tokoh dan deklarasi damai tokoh umat beragama dengan pengurus rumah ibadah se- Kota Tanjungpinang dengan Tema “Jangan Jadikan Rumah Ibadah Sebagai Arena Kampanye Pilkada” di Aula Asrama Haji, Jum’at (2/3) lalu.


Petrus M. Sitohang, anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang turut menghadiri deklarasi tersebut mengapresiasi  tokoh umat beragama dan pengurus rumah ibadah se-kota Tanjungpinang.
”Saya mengapresiasi deklarasi bersama para tokoh agama di Tanjungpinang untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye, menjaga kerukunan internal umat beragama dan perdamaian di Kota Tanjungpinang”,  jelas Politisi PDI Perjuangan kepada HMSTimes.com, Sabtu (3/3/2018).

Menurut Petrus M. Sitohang, rumah ibadah fungsinya untuk meningkatkan ketakwaan umat manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan Pilkada adalah agenda politik yang tujuannya memilih pemimpin daerah. Pilkada bukan untuk memilih pemimpin umat atau pemimpin agama. Sehingga kampanye pilkada atau pemilu pada umumnya memang tidak boleh dilakukan di rumah ibadah, tutupnya.

Ada empat poin dalam deklarasi damai tokoh agama dan pengurus rumah ibadah yang ditandatangani bersama.
1.     Tidak menjadikan rumah ibadah sebagai tempat kampanye Pilkada.
2.     Berupaya menjaga kerukunan internal umat beragama melaui rumah ibadah.
3.     Menjaga kerukunan beragama, kedamaian dan kerukunan di Kota Tanjungpinang.
4.     Tetap menjaga kedamaian dan ketentraman di lingkungan rumah ibadah se-Kota Tanjungpinang.

dikutip dari:
https://www.hmstimes.com/hmsnews/petrus-m-sitotang-apresiasi-deklarasi-damai-tokoh-agama-dan-pengurus-rumah-ibadah/

No comments: