Wednesday, March 21, 2018

Aksi Apa Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Merayakan Hari Air Seduni 2018

Hari Air Sedunia atau World Water Day adalah hari peringatan yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai sarana menarik perhatian terhadap pentingnya air bersih bagi umat manusia dan pengelolaan yang berkelanjutan terhadap berbagi sumbernya. Hari ini jatuh pada tanggal 22 Maret setiap tahunnya.



Penetapan tanggal tersebut ditetapkan pada tahun 1992 pada Sidang Umum Majelis Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 sebagai tanggapan terhadap usulan dari United Nations Conference on Environment and Development (UNCED)-Konferense PBB Tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janeiro atau yang popular dikenal dengan sebutan “Earth Summit”. Pada Sidang Umum PBB tersebut melalui Resolusi nomor 147/1993, usulan Agenda 21 diterima dan sekaligus ditetapkan sebagai Hari Air Sedunia yang mulai diperingati sejak tahun 1993 oleh disetiap Negara anggota PBB.

 

Latar Belakang Hari Air Sedunia

Air bersih adalah kebutuhan utama bagi manusia untuk dapat bertahan hidup. Tidak ada manusia yang dapat hidup tanpa air, untuk minum, mandi, mencuci, dan lain sebagainya. Oleh karena itu setiap orang berhak mendapatkan akses terhadap sumber air bersih bagi kehidupannya. Sayangnya, pada kenyataannya, masih tidak terhitung orang yang sulit mendapatkan akses terhadap sumber air bersih yang pada akhirnya menghadirkan kesulitan dalam menjalani hidupnya.

 

UN-Water www.unwater.org

Mengingat Hari Air Sedunia melibatkan banyak sekali unsur dan pihak untuk memastikan tujuan akhirnya terlaksana, pad atahun 2003, dibentuk sebuah badan koordinasi yang dikenal dengan UN-Water. Badan ini dibentuk setelah pelaksanaan Pertemuan Dunia Tentang Pembangunan Yang Berkelanjutan (World Summit on Sustainable Development)

UN-Water adalah singkatan dari United Nation Water, badan antar agensi yang merupakan koordinator bagi semua stakeholder dalam pelaksanaan segala usaha dan tindakan yang berkaitan dengan Dunia Air, baik sumber air di darat dan di laut. Badan ini merupakan penanggungjawab dalam pelaksanaan peringatan Hari Air Sedunia.

Tema Hari Air Sedunia

Tema untuk perayaan Hari Air Sedunia akan berbeda setiap tahunnya. UN-Water akan menjadi pihak yang menentukannya sejak tahun 2003.
Badan ini sejak tahun 2015 mengeluarkan tema sebagai berikut :
  • Tema tahun 2015 : Water anf Sustainable Development (Air dan Pembangunan Yang Berkelanjutan)
  • Tema Tahun 2016 : Water and jobs (Air dan Pekerjaan)
  • Tema Tahun 2017  : (Why) Wastewater (Mengapa Membuang Air”)
  • Tema Tahun 2018 : Nature-based Solutions for Waters (Solusi Berbasis Alam Untuk Perairan)

Kerusakan lingkungan, bersamaan dengan perubahan iklim telah mendorong terjadinya berbagai krisis yang berkaitan dengan air di seluruh duni. Banjir, kekeringan dan polusi air semua diperparah oleh kerusakan tanaman, tanah, sungai dan danau. Jika kita mengabaikan ekosistim, maka akan semakin sulit bagi kita untuk menyediakan air bersih kepada semua orang untuk hidup.

Solusi berbasis alam untuk perairan berpotensi untuk menyelesaikan berbagai tantangan dan persoalan mengenai air. Kita perlu melakukan lebih banyak green infrastructure (infrasrturktur hijau) dan menghamoniskannya dengan grey infrastruktur  sedapat mungkin. Penanaman hutan kembali, menghubungkan sungai-sungai dengan penahan banjir dan mengembalikan kawasan basah akan mengembalikan keseimbangan siklus air dan memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Bentuk Perayaan Hari Air Sedunia

Bentuk perayaan Hari Air Sedunia bervariasi di setiap daerahnya. Tidak ada patokan standar tentang bagaimana sebuah negara harus melaksanakannya.

Ada yang berbentuk aksi-aksi teatrikal untuk mengingatkan pentingnya peran air bagi kehidupan manusia, pagelaran musik, bahkan acara-acara yang bersifat edukasi yang berkaitan dengan air.

No comments: