Sunday, March 18, 2018

Joe Sitohang Terpilih Menjadi Ketua Pemuda Katolik Kepri 2018-2021

Ketua Pengurus Pusat Pemuda Katolik Walter Fransiskus Sinaga (nomor 2 dari kanan) menyerahkan palu sidang kepada Johanes Sitohang sebagai simbol penyerahan wewenang dan tanggungjawab memimpin Komisariat Daerah Pemuda Katolik Provinsi Kepulauan Riau untuk periode 2018-2021 sesaat setelah terpilih dalam sidang pemilihan dalam Musyawarah Komisariat Daerah Pemuda Katolik Provinsi Kepri di Hotel Comforta Tanjungpiang Sabtu, 17 Maret 2018.
Johanes Sotarduga M. Sitohang biasa dipanngil Joe, anggota Pemuda Katolik Kota Batam terpilih menjadi Ketua Komisariat Daerah (Komda) Pemuda Katolik Provinsi Kepulauan Riau untuk periode 2018-2021 setelah mengalahkan rivalnya Evadius Halima dalam Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) Pemuda Katolik Provinsi Kepulauan Riau di hotel Comfort Tanjungpinang tanggal 18 Maret 2018. 


Sidang pemilihan Ketua Pengurus Komda Pemuda Katolik Provinsi Kepulauan Riau tersebut dipimpin oleh Ketua Pengurus Pusat Pemuda Katolik Walter Fransiskus Sinaga didampingi Hendrikus Uring dan Evi berlangsung dalam hampir 3 jam dan sempat berjalan buntu karena perbedaan penafsiran mengenai tata tertib pemilihan. 

Setelah kelima delegasi cabang pemilik hak suara yakni kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun akhirnya sidang pemilihan dapat berjalan dan Johanes Sitohang memperoleh 5 suara sedangkan Evadius Halima mendapatkan 1 suara. Atas kesepakatan sidang, Ketua Komda Demisioner Petrus M. Sitohang memutuskan tidak menggunakan hak suaranya.

Musyawarah Komisariat Daerah Pemuda Katolik Provinsi Kepulauan Riau selain dihadiri Ketua Pengurus Pusat Pemuda Katolik Frans Sinaga juga dihadiri oleh Anggota DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau Haripinto Tanuwijaya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau yang mewakili Gubernur Kepulauan Riau, anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau dari Partai Golkar Thomas Suprapto, Staff Ahli Hukum dan Pemerintahan Pemerintah Kota Tanjungpinang Samsudi, Kepala Bidang pada Badan Kesbangpol Provinsi Kepulauan Riau Elman Pakpahan, staff Binmas Katolik pada Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang Albertus Kurniawan, perwira dari Kepolisian Resort Kota Tanjungpinang. Juga hadir beberapa perwakilan Ormas Kepemudaan yang ada di Provinsi Kepulauan Riau seperti Ketua Pengurus Wilayah Ansor Provinsi Kepulauan Riau Nurharyanto, Ketua BM Kosgoro Provinsi Kepulauan Riau Jufri Helmy, Sekretaris DPD KNPI Kota Tanjungpiang Benny Gusdianto, Ketua GMNI Kota Tanjungpinang dan lain-lain.

Acara Musyawarah Komisariat Daerah Pemuda Katolik Provinsi Kepri ini dimulai dengan tarian persembahan yang merupakan tradisi dalam adat Melayu dalam menghormati tamu-tamu dalam acara penting. Pertunjukan tarian persembahan Melayu dalam kegiatan Pemuda Katolik ini merupakan salah satu perwujudan sikap Pemuda Katolik untuk memperkuat kebinnekaan Indonesia. Hal ini sejalan dengan tema Muskomda yakni "Memperkuat Pancasila dan NKRI dari Desa dan Pulau".
 
Sebelum acara pemilihan Ketua Pengurus Komda Pemuda Katolik Kepri juga dilaksanakan rapat Musyawarah Komisariat Cabang yakni Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun. Dalam rapat muskomcab yang dilakukan masing-masing cabang terpilih ketua-ketua cabang Pemuda Katolik sebagai berikut:
1. Cornelius Surya Pakpahan, Ketua Komisariat Cabang Kota Tanjungpinang;
2. Kristianus, Ketua Komisariat Cabang Kabupaten Bintan;
3. Pascalis Marsel Sengu, Ketua Komisariat Cabang Kabupaten Lingga;
4. Vadarones Purba, ST., MH., Ketua Komisariat Cabang Kabupaten Karimun

Pada tahun 2017 yang lalu Komisartiat Cabang Pemuda Katolik Kota Batam telah melaksanakan Musyawarah Komisariat Cabang Pemuda Katolik dan memilih Naro Situmorang sebagai Ketua dan Simeon Senang sebagai Sekretaris untuk periode 2017-2020.  

Pemuda Katolik Provinsi Kepulauan Riau didirikan pada tahun 2001 di Kota Batam sebelum Provinsi Kepulauan Riau belum resmi berdiri. Ketua Pemuda Katolik Kepulauan Riau yang pertama adalah Petrus M. Sitohang. Dia kemudian mundur dan digantikan oleh Martua Bakkara dalam Musyawarah Komisariat Daerah Pemuda Katolik yang pertama di Tanjungpinang pada tahun 2008. Setelah masa jabatan pengurus Komda yang dipimpin Martua Bakkara berakhir Pengurus Pusat Pemuda Katolik mengangkat Petrus M. Sitohang sebagai Ketua caretaker dengan tugas utama melaksanakan Musyawarah Komda Pemuda Katolik Kepulauan Riau untuk memilih pengurus Komda yang definitip.

Provinsi Kepulauan Riau resmi berdiri tahun 24 September 2002 dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2002. Provinsi Kepulauan Riau memiliki 2 Kota yakni Kota Batam dan Kota Tanjungpinang dan 5 Kabupaten Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Anambas. Saat ini Pemuda Katolik Provinsi Kepri telah memiliki pengurus di 2 kota dan 4 Kabupaten termasuk Natuna yang berhalangan hadir dalam Musyawarah Komisariat Daerah kali ini. Provinsi ini beribukota Tanjungpinang dan memiliki luas wilayah 8.201,72 km2 yang mana 96% merupakan perairan (laut). Jumlah penduduk provinsi ini berdasarkan sensus tahun 2015 tercatat sebanyak 1.864.142 di mana penduduk yang beragama katolik tercatat sebesar 2,42% yang tersebar di desa-desa maupun kota-kota yang tersebar di 2400 pulau di seluruh Provinsi Kepri.
  





No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...