Monday, June 11, 2018

e-Pass Turut Dukung Sektor Wisata

Petrus Sitohang mencoba menggunakan kartu e-money
Tanjungpinang- Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Fraksi PDI Perjuangan, Petrus M. Sitohang SE., Ak. mengatakan, pengembangan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) makin maju dan modern sangat tepat.

Petrus mengatakan sebagai pintu masuk utama wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) sudah keharusan Pelabuhan SBP lebih modern seperti kota-kota maju lainnya.

“Karena itu saya ucapkan selamat kepada Pelindo I yang telah memulai menerapkan sistim e-pass di Pelabuhan SBP. Semua program Pelindo untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa pelabuhan wajib hukumnya untuk kita dukung,” ujar Petrus, kemarin.


Dijelaskannya, Tanjungpinang merupakan kota pariwisata dan kita semua menginginkan agar kota Tanjungpinang menjadi kota wisata yang terkemuka.



Petrus Sitohang melawati pass pelabuhan SBP menggunaka e-Pass
“Karena kita sadar sektor pariwisatalah salah satu andalan bagi pertumbuhan ekonomi kota ini. Untuk diketahui pendapatan pajak daerah dari sector pariwisatalah yang dari tahun ke tahun menjadi penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjungpinang,” ungkapnya lagi.

Dalam tiga tahun terakhir, kata politisi Dapil Tanjungpinang Timur ini, pajak daerah dari sektor pariwisata menyumbang lebih dari 70% PAD kota ini.

“Tanpa layanan pelabuhan yang baik harapan untuk menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai tujuan wisata tidak mungkin terwujud,” tegasnya.

Oleh karena itu, jika semua elemen mengharapkan Tanjungpinang maju, maka semua diharapkan mendukung Pelindo I meningkatkan kualitas dan fasilitas Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.
Petrus sendiri sudah melihat dan mencoba secara langsung menggunakan kartu e-money untuk membayar pas penumpang. Sangat mudah dan nyaman.

“Mari kita dukung peningkatan infrastruktur kota Tanjungpinang baik yang dilakukan BUMN, BUMD maupun pihak swasta lainnya. Karena kalau hanya mengandalkan APBD dan APBN sulit kita mengejar ketertinggalan infrastruktur  kota kita ini dari kota-kota lainnya,” bebernya  

Petrus Sitohang (kanan) dan I Wayan Wirawan (kiri)
Petrus melihat sejak beberapa tahun belakangan ini, pihak Pelindo terus membenahi Pelabuhan SBP. Mereka berusaha mengatur parkir agar lebih rapi dan memudahkan pengguna kendaraan menaikkan dan menurunkan penumpang.

Pembayaran pas masuk di Pelabuhan SBP yang dikelola PT Pelindo I Tanjungpinang sudah menerapkan uang elektronik (e-money). Jenis kartunya sama seperti ATM.

Peresmian e-pass tap and go dilakukan Jumat (8/6) yang lalu dihadiri GM Pelindo Tanjungpinang I Wayan Wirawan, Pejabat Walikota Tanjungpinang Drs Raja Ariza serta pejabat lainnya.

Pelabuhan SBP Tanjungpinang dijadikan percontohan atau pilot project  Gerakan Nasional NonTunai (GNNT) untuk kelas pelabuhan di Indonesia.

Ia menuturkan, sudah ada empat bank yang bekerjasama menerapkan transaski e-money tersebut yaitu BCA, BNI, BRI dan Bank Mandiri.

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...