Sunday, June 3, 2018

Festival Budaya Batak Tahun 2018

DINAS Pariwisata Pemko Tanjungpinang sukses menggelar Festival Budaya Batak tahun 2018 di Lapangan Pamedan, Sabtu (5/5). Acara digelar dua sesi yakni siang sampai sore dilanjutkan malam. Acara siang dibuka Plt Kadis Pariwisata Pemko Tanjungpinang Raja Kholidin dan acara malam dibuka Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza. Hadir saat itu 3 anggota DPRD Tanjungpinang yakni Petrus M Sitohang, Hot Asi Silitonga dan Mimi Betty. Hadir juga Wakil Ketua II DPRD Tanjungpinang, Ahmad Dani.

Acara siang sampai sore dimulai dengan penyambutan ketua puak Batak oleh Raja Kholidin didampingi wakil ketua dan anggota DPRD Tanjungpinang. Kemudian ada penampilan tortor lima puak Batak yakni, Toba, Karo, Simalungun, Pakpak Dairi dan Mandailing Angkola. Ada juga pengundian doorprize hingga penampilan artis Batak lokal.

Malam harinya acara dilanjutkan dengan penyambutan ketua puak Batak, ketua marga, tokoh masyarakat Batak oleh Raja Ariza, Raja Kholidin dan anggota DPRD. Acara malam harinya makin meriah terlebih dengan penampilan dua artis Batak nasional yakni Erick Sihotang dan Hardoni Sitohang. Kemudian ada juga fashion show busana Batak. Raja Ariza juga menyerahkan secara simbolis bantuan alat musik tradisional Batak kepada Ketua Sanggar Budaya Batak Saor Nauli Kota Tanjungpinang, Marihot Purba.

Ribuan penonton tumpah ruah untuk menyaksikan acara demi acara terlebih saat Eric Sitohang tampil. Artis yang juga sering diundang ke luar negeri itu menyapa warga Batak penuh kerinduan dan canda tawa. Suaranya yang khas dan melengking itu pun membuat warga bertahan hingga pagi.***

Tanjungpinang Pos Foto: Martunas

No comments: