Thursday, June 14, 2018

Pilkada Tanjungpinang, Warga Batak Sampaikan Dukungan Untuk Pasangan Lis Maya

Simatupang/br Sinaga, Ketua Paguyuban Marga Toga Simatupang Boru dan Bere se Tanjungpinang.
Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah di Kota Tanjungpinang tahun 2018 yang menampilkan dua pasangan calon yaitu paangan nomor urut 1 H Syahrul-Rahma dan pasangan nomor urut 2 Lis Darmansyah-Maya Suryanti mendekati tahap akhir. Kedua pasangan calon dan para pendukungnya menggunakan waktu yang tersisa untuk mendekati calon pemilih warga kota Tanjungpinang untuk mendapatkan dukungan pada tanggal 27 Juni 2018.

Dalam kaitan itu Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Jumaga Nadeak dan anggota DPRD Kota Tanjungpinang Petrus Marulak Sitohang mengadakan acara silaturahmi dengan pengurus Rumpun Batak Bersatu (RBB) di Restoran Kelong Shangrila Tanjungpinang tanggal 5 Juni 2018.

Panjaitan/ br Siahaan salah seorang tetua warga Batak Tanjungpinang.
Dalam kesempatan tersebut Jumaga Nadeak dan Petrus Sitohang meminta dukungan para pengurus Marga-marga Batak yang ada di Tanjungpinang dan pengurus paguyuban parsahutaon (serikat tolong menolong) untuk pasangan Lis Darmansyah dan Maya Suryanti.

Jumaga Nadeak dalam sambutannya mengatakan dia telah mengenal Lis Darmansyah lebih dari 20 tahun. Nadeak meyakinkan warga Batak bahwa dari kedua pasangan yang saat ini bersaing dalam Pilkada Tanjungpinang Lis Darmansyah adalah figur yang sangat menghargai kebinnekaan termasuk warga dari kalangan minoritas dan pendatang.

Petrus Sitohang (kiri) dan Jumaga Nadeak (kanan).
"Pak Lis ini saya sudah kenal lebih dari 20 tahun. Dia adalah orang baik, pekerja keras. Dan dia sangat menghargai kemajemukan dan dia buktikan kedekatannya dengan semua kalangan tidak perduli latar belakang suku, agama maupun lapisan ekonominya. Oleh karena itu saya menghimbau agar para warga Batak dapatm menggunakan hak pilihnya dan memberikan dukungan bagi Lis Darmansyah dan Maya Suryanti."

Namun Nadeak menekankan agar warga Batak dapat menjaga kondisi kota Tanjungpinang tetap harmonis dan kondusif selama dan sesudah Pilkada nantinya.

Lis Darmansyah (no empat dari kiri) berspose bersama pengurus dan anggota Generasi Muda Batak Tanjungpinang.
Hal senada juga disampaikan oleh anggota DPRD Kota Tanjungpinang Petrus Marulak Sitohang. Dia menyampaikan pengalamannya selama tiga tahun lebih menjadi anggota DPRD Kota Tanjungpinang. Selama tiga tahun lebih ini kota Tanjungpinang mengalami tantangan di bidang anggaran terutama dana transfer dari pusat yang semakin berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian, Petrus Sitohang menyaksikan bahwa sebagai Walikota di periode tersebut, Lis Darmansyah menunjukkan kinerja yang sangat bagus terutama dalam meningkatkan infrastruktur kota Tanjungpinang.

Lis Darmansyah (kiri) dan Petrus Sitohang (kanan) bersama para pemuka warga Batak Tanjungpinang.

"Selama tiga tahun anggaran terakhir saya melihat langsung bagaimana kondisi anggaran pemerintah kota Tanjungpinang mengalama tekanan berat karena menurunnya dana transfer dari pusat yang masih merupakan andalan utama APBD Kota Tanjungpinang. Namun di saat-saat seperti itu kita melihat bagaimana kinerja Lis Darmansyah dalam memimpin pembangunan kota Tanjungpinang. Sebagian besar jalan-jalan kota terutama yang menuju dan dalam kawasan pemukiman di seluruh kecamatan sudah diperbaiki dan ditingkatkan. Puskesmas di kota Tanjungpinang saat ini tidak kalah dengan yang ada di kota-kota besar bahkan yang ada di Jakarta. Kantor-kantor kecamatan dan kelurahan sebagai ujung tombak pelayanan pemerintah kota secara bertahap sudah ditingkatkan kondisinya dengan standar yang sama untuk semua kecamatan dan kelurahan. Kita semua bisa melihat sendiri buktinya," kata Sitohang yang disetujui oleh para pemuka warga Batak yang hadir.

Lebih lanjut Sitohang juga memberikan testimoninya bagaimana etos kerja Lis Darmansyah yang sangat tinggi dan pekerja keras. Oleh karena itu dia menyerukan warga Batak untuk menggunakan hak pilihnya tanggal 27 Juni nanti dan memilih pasangan nomor urut 2 Lis Darmansyah dan Maya Suryanti untuk melanjutkan pembangunan kota Tanjungpinang agar lebih gemilang.

Menanggapi ajakan tersebut tetua-tetua Batak yang hadir dengan terbuka menyakatan dukungannya bagi Lis Darmansyah untuk memimpin kota Tanjungpinang periode kedua. Simatupang/ br Sinaga, Ketua Paguyuban Marga Simatupang, salah satu paguyuban dengan anggota terbesar di Tanjungpinang saat memberikan sambutan dalam acara itu menyatakan mendukung Lis Darmansyah karena sifatnya yang sangat dekat dengan semua kalangan.

"Selama pak Lis menjadi walikota periode 2013-2018 saya melihat dia tidak membeda-bedakan warga Tanjungpinang. Dia hadir dalam acara-acara warga termasuk warga Batak, baik suka maupun duka. Tidak terhitung banyaknya saya bertemu pak Lis dalam berbagai acara. Dia tidak memilih-milih acara. Selama dia ada waktu dia akan datang. Acara di gereja pun dia hadir saat diundang, dan memberikan ucapan Natal di Gereja," tegas Simatupang.

Dukungan senada juga disampaikan Marihot Panjaitan br Siahaan, salah seorang tetua warga Batak di Tanjungpinang. Dia dengan tegas menyatakan dukungannya bagi pasangan Lis Darmansyag dan Maya Suryanti dalam Pilkada tanggal 27 Juni 2018.  Menurutnya dari kedua pasangan hanya Lis Darmansyah yang telah membuktikan penghargaannya pada kebinnekaan selama ini.

"Saya mendukung pak Lis bukan karena beliau selama ini dekat dengan saya secara pribadi. Tetapi sebagai warga yang selama ini aktif dalam sebagian besar kegiatan sosial warga Batak dan yang lainnya, saya melihat hanya Pak Lis yang betul-betul mau berdiri di semua golongan tanpa membedakan suku, agama, asal usul maupun lapisan ekonomi. Yang lainnya setahu saya baru saat pilkada ini mau mendekat ke kelompok-kelompok minoritas seperti orang Batak," tegas Panjaitan.

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...