Wednesday, June 13, 2018

Yesus Sang Anak Manusia "Injil Menurut Kahlil Gibran"

Buku Yesus Sang Anak Manusia terjemahan Jesus the Son Of Man, adalah salah satu dari puluhan karya pengarang besar Arab Kahlil Gibran. Buku ini pertama kali diterbitkan di Amerika tahun 1928. Buku ini berisi "testimoni" tokoh-tokoh dalam Injil mengenai Yesus, tentu saja menurut kata-kata yang digubah Kahlil Gibran. Buku ini sangat menarik karena Gibran mampu menuliskannya sebegitu rupa seolah-olah para tokoh di sekitar Yesus itu sendiri yang bercerita kepada Gibran dengan kata-kata dan episode yang tidak ada dalam Injil tetapi dapat membuat kita seperti membaca kisah Injil yang lebih lengkap dan dengan bahasa yang lebih indah.  

Saat peluncuran buku Jesus The Son of Man tahun 1928, John Heynes Holmes Menteri Urusan Gereja New York mengatakan "Keindahan ekspresi dan kedalaman misteri yang terkandung dalam syair dan parabel Mr Gibran telah memenuhi standar tulisan kita suci."

Membaca buku ini bisa membantu kita menyelami Injil bukan hanya sebagai sumber ajaran iman, melainkan juga sebagai roman besar dengan tokoh utama Yesus sang anak manusia.


Kahlil Gibran sastrawan Arab yang terkemuka hingga saat ini dilahirkan di Beshari Lebanon tahun 1883. Pada usia 10 tahun dia berimigrasi ke Amerika bersama ibu dan kedua adik perempuannya. Sempat kembali ke tanah kelahirannya selama tiga tahun untuk memperdalam bahasa Arab. Kahlil Gibran menghabiskan masa remajanya bersama seniman bohemian di Boston. Ia juga pernah tinggal di Paris selama setahun untuk berguru seni rupa pada beberapa seniman Perancis. Pulang dari Paris ia pindah ke New York dan menetap di kota ini sampai akhir hayat.

Tulisan-tulisan Gibran dikenal luas karena cita rasa orientalnya yang eksotik, bahkan mistis. Dia dianggap sebagai penyair Arab perantauan terbesar. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke lebih 20 bahasa.

Gibran meninggal di New York tahun 1931. Ratusan pendeta dan para pemimpin agama yang mewakili setiap aliran di bawah langit timur, tertunduk khidmat dalam acara pemakaman itu. Mereka berasal dari Kristen Maronit, Protestan, Islam Syi'ah dan Sunni, Gereja Yunani Kuno, Yahudi, Druz dan lain-lain. Khahil Gibran dimakamkan di tanah kelahirannya, Lebanon, tempat ia menjalani masa kanak-kanaknya.

No comments: