Friday, July 13, 2018

Lalau Muhammad Zohri Juara Dunia Atletik 100m U 20 di Tempere Finlandia

Prestasi dunia ditorehkan seorang pemuda Indonesia di Kejuaraan Dunia U-20 IAAF di Tampere Finlandia. Dia adalah Lalu Muhammad Zohrim, pemuda asal NTB. Dia menjuarai lomba atletik 100 m putra mengalahkan pesaingnya dari berbagai negara termasuk AS, Inggris dan Afrika Selatan.




Zohri berhasil mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Ia unggul tipis dari Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik.

Pencapaian Zohri ini merupakan sejarah baru dalam cabang olahraga atletik Indonesia. Sebelumnya, Indonesia mencatatkan prestasi terbaik di nomor lari 100 meter dalam kejuaraan yang sama pada 1986 dengan mencapai finis kedelapan di babak penyisihan.

Kemenangan Zohri mencatat sejarah baru dunia atletik di Indonesia. Sebelumnya, belum ada atlet yang berhasil keluar menjadi juara di Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 sejak kompetisi ini diselenggarakan 32 tahun yang lalu.

Zohri mengaku tahu bahwa ia merupakan pelari pertama asal Indonesia yang sukses menjuarai kompetisi tersebut. Saat diwawancarai laman Youtube resmi IAAF (Federasi atletik dunia), Zohri mengungkapkan rasa bangganya.

“Sangat bangga sekali terhadap apa yang saya dapatkan hari ini. Ini sangat luar biasa bagi saya,” kata dia seusai pertandingan. “Perasaan saya sangat bangga sekali soalnya saya bisa buat sejarah di sini.”

Kedepannya, Zohri akan mempersiapkan diri di ajang Asian Games di Jakarta-Palembang. Ia mengatakan bahwa sudah ada persiapan namun tidak dikatakan bagaimana bentuk persiapannya. “Persiapan ada sih, persiapan Asian Games,” kata Lalu.

 

No comments: