Friday, October 12, 2018

Sosialisasi PKPU Pemilu 2019 Minim

Hingga saat ini masih banyak warga yang belum paham mengenai sistem konversi suara ke perolehan kursi DPRD dan sistem pengalokasian kursi perolehan partai politik peserta pemilu ke calon anggota legislatif. Masih banyak warga yang mengira bahwa nomor urut caleg dalam kertas suara menjadi dasar penentuan caleg terpilih.


TANJUNGPINANG – Padahal, peraturan Pemilihan Umum jelas mengatur bahwa penentuan caleg terpilih adalah berdasarkan siapa caleg yang memperoleh suara terbanyak diantara seluruh caleg dari satu partai.

Anggota Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang Petrus M Sitohang mengatakan, masih banyak warga yang menduga bahwa partai dapat mengalihkan perolehan suara dari caleg yang satu ke caleg yang lain.

Padahal peraturan pemilu tegas mengatur bahwa perolehan suara seorang caleg tidak bisa dialihkan kepada caleg lainnya bahkan oleh pengurus partai sekalipun.

Juga masih banyak yang menduga bahwa suara caleg yang mencoblos gambar partai adalah hak istimewa dari caleg nomor urut paling atas. Padahal, peraturan Pemilu tidak demikian.

”Oleh karena itu, saya menyarankan agar KPU (Komisi Pemilihan Umum) meningkatkan sosialisasi peraturan pemilu melalui berbagai media yang ada termasuk media cetak dan elektronik maupun radio secara teratur,” saran Petrus.

Warga juga masih banyak yang belum tau kalau surat keterangan (Suket) tempat domisili pengganti sementara KTP-el yang dikeluarkan Dinas Kependudukan tidak bisa lagi digunakan dalam pemilu 2019.

Mereka mengira seperti dalam Pilkada (pilwako) yang sudah berlalu masih bisa menggunakan suket dalam Pemilu 2019.

Petrus yakin, apabila masyarakat makin paham tentang penentuan perolehan kursi ini, persentase pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan semakin tinggi.

Warga akan ramai-ramai mencoblos di TPS sesuai dengan pilihannya masing-masing dan berusaha memenangkan caleg yang didukungnya.

Sementara itu, pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) harus berpedoman pada Peraturan KPU (PKPU) No.23 tahun 2018 dan Perda No.5 tahun 2017.

Untuk Pilpres dan Pileg tahun 2019, Kota Tanjungpinang menetapkan zona pemasangan alat peraga kampanye di beberapa lokasi.

Di Kecamatan Tanjungpinang Barat, baliho di Bundaran Tugu Pemuda (Simpang SPBU Batu Hitam), Swalayan Pasaraya 21.

Kelurahan Kampung Baru. Spanduk di JI. Baru Dompak Jambatan I. JI. Wiratno Bundaran SPBU.

Umbul-umbul di JI. Pantai lmpian Lampu Merah. JI. Dr. Sutomo Lampu Merah. JI. Yossudarso. JI. Pantai lmpian Pintu Gerbang. JI. Wiratno Lapangan Gasing. JI. Jambu. JI. Sukarno Hatta depan foto kopi. Depan Ramayana. JI. Dr. Sutomo Pujasera Asun. JI. Ir. Sutami Tanah Sengketa.

Kelurahan Bukit Cermin. Spanduk di JI. Sunaryo depan Polsek. JI. Pancur depan Telkomsel.

Umbul-umbul di JI. Sunaryo samping JI. Taman Bahagia. Gg. Pelita. Samping JI. Borobudur Pancur. Gerbang Matador. JI. Pancur depan puskesmas. JI. Tugu Pahlawan sebelah TOP 1O. JI. Dr. Sutomo tanah kosong sebelah salon Upi. Simpang lampu merah pancur Toko Parfum. JI. Darussalam di gapura dan JI. Tugu Pahlawan lapangan Voli sebelah ktr.

Kelurahan Kemboja. Spanduk di Simpang Rimba Jaya. Akau Potong Lembu. Umbul-umbul di JI. Kemboja di taman PKK kelurahan Kemboja . JI. Kemboja sebelum BCA. Tanjakan Sunaryo. JI. Taman Bahagia JI. Pancur. JI. Bakar Batu. Rimba Jaya dalam Akau Potong Lembu. JI. Bakar Batu depan stela. Gudang Minyak jalan masuk ke kuburan.

Kelurahan Tanjungpinang Barat. Spanduk di JI. H. Agus Salim I Taman Tugu Pensil. JI. Yos Sudarso simpang Jalan Nila. Umbul-umbul di JI. Usman Harun simpang 4 JI. Sulaiman Abdullah. JI. Sukarno Hatta simpang jalan Beringin . JI. Tugu Pahlawan simpang Bundaran. JI. Sumatera simpang jalan Riau JI. Yudhowinangun /Gerbang. JI. Agus Salim simpang Kantor Pustaka JI. Rumah Sakit Sunaryo. JI. Bhayangkara bawah simpang JI. Usman Harun dan JI. Bali simpang Jalan Sumatera.(MARTUNAS)

No comments:

Petrus M. Sitohang , Pariwisata Dan Kelautan Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi

KEPRIONLINE.CO.ID,TANJUNGPINANG,- Provinsi Kepulauan Riau dikenal kaya akan sumber daya alam. Letaknya yang juga sangat strategis memun...